Warga Wancimekar Gelar Upacara Bendera dan Perlombaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Wancimekar Gelar Upacara Bendera dan Perlombaan

Warga Wancimekar Gelar Upacara Bendera dan Perlombaan

Written By Admin Raka on Senin, 20 Agustus 2018 | 17.00.00

KOTABARU, RAKA - Meski tangal hari ulang tahun kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus sudah berlalu. Namun suasana kemeriahan dan semangat kemerdekaan masih dirasakan oleh masyarakat RT02 RW02, Dusun Karajan, Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru. Hal itu terlihat dari adanya kegiatan perlombaan yang diselenggarakan oleh Paguyuban Masyarakat Cariu Bandung (PGMCB) dengan diawali upacara pengibaran bendera merah putih, Minggu (19/8).

Ketua PGMCB Agus Supriyadi menyampaikan, dalam memperingati dan memeriahkan hari kemerdekaan, PGMCB selalu mengadakan hiburan masyarakat melalui perlombaan-perlombaan. Bedanya, di tahun ini pihaknya mengajak masyarakat sekitar untuk melaksanakan upacara sebelum digelarnya perlombaan. "Setiap tahun kita pasti ngadain perlombaan. Ada perlombaan anak-anak, lomba untuk orang dewasa dan ada juga yang khusus ibu-ibu. Namun di tahun sekarang kita ngajak masyarakat untuk upacara dulu," kata Agus.

Menurutnya, upacara pengibaran bendera dilaksanakan agar masyarakat tidak lupa terhadap perjuangan para pahlawan bangsa yang telah mengorbankan segenap jiwa dan raganya untuk kemerdekaan Indonesia. Selain itu, dilaksanakannya upacara pengibaran bendera juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan menambah kecintaan masyarakat, khususnya generasi muda terhadap tanah air Indonesia. "Intinya untuk mengenang jasa para pahlawan dan menambah kecintaan kita terhadap tanah air ini. Jadi jangan cuma kemeriahan lombanya saja, jasa pahlawanpun harus kita kenang melalui upacara ini," ujar Agus usai upacara pengibaran bendera.

Sodikin, tokoh masyarakat yang menjadi pembina upacara mengatakan, sangat bangga terhadap anak muda yang ada di wilayah RT02 RW02. Upacara pengibaran bendera tersebut diinisiasi oleh PGMCB dan Ikatan remaja mesjid Al Fadillah yang notabene adalah generasi muda Kampung Cariu Bandung. Upacara tersebut sengaja dilaksanakan pada hari Minggu (19/8) mengingat pada tanggal 17 Agustus kemarin bertepatan dengan hari Jumat. "Karena kemarin hari Jumat, jadi sengaja kita laksanakan hari ini (Minggu). Soalnya setiap tahun kegiatannya pasti sampai sore," ujarnya.

Dede Rosita, salah seorang warga RT02 RW02 yang mengikuti upacara tersebut mengaku, sangat antusias mengikuti upacara pengibaran bendera. Meski dengan fasilitas yang seadanya, namun upacara tersebut berjalan dengan khidmat. Menurutnya, upacara pengibaran bendera merah putih dihari kemerdekaan memang penting untuk dilaksanakan. "Menurut saya memang sangat penting, karena itu adalah salah satu bentuk penghargaan kita terhadap jasa para pahlawan. Seharusnya, perlombaan yang diadakan dalam memperingati hari kemerdekaan itu, adalah perlombaan yang sifatnya edukasi. Jadi tidak asal meriah saja, harus manfaat yang didapat untuk masyarakat," kata Dede yang berprofesi sebagai guru.

Sementara Ketua RT02 Diding mengatakan, akan selalu mendukung apa yang menjadi usulan dari para pemuda yang ada di wilayahnya, termasuk ide untuk mengadakan upacara di hari kemerdekaan. "Saya mah mendukung aja, apalagi kegiatannya bagus. Karena baru pertama kali, jadi tidak semua masyarakat mengikuti upacara. Tahun depan saya akang mengajak semua masyarakat yang ada di sini untuk mengikuti upacara," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template