Warga Kurang Peduli Terhadap Pencemaran Lingkungan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Kurang Peduli Terhadap Pencemaran Lingkungan

Warga Kurang Peduli Terhadap Pencemaran Lingkungan

Written By Admin Raka on Senin, 27 Agustus 2018 | 18.30.00

KARAWANG, RAKA - Penyebab utama terdegradasinya lingkungan fisik kritis perkotaan di Kabupaten Karawang, selain semakin meluas dan berkembangnya permukiman tidak teratur, juga akibat rendahnya rata-rata pendapatan masyarakat, serta semakin kurang pedulinya masyarakat industri terhadap pencemaran lingkungan.

Hal itu diungkapkan Pemerhati Masalah Lingkungan Tarsoen Waryono. Menurut dia,  kualitas lingkungan hidup Kabupaten Karawang belum optimal, namun masih dapat diatasi dengan cara mengembangkan pola dan kebijakan yang mengarah dan berindikasi terhadap pembangunan yang berwawasan lingkungan. "Pembangunan berwawasan lingkungan merupakan pemikiran jangka panjang yang bermuara pada pembinaan masyarakat secara utuh. Selain itu jangkauan rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) idealnya lebih menititik beratkan terhadap pemanfaatan dan pengembangan potensi sumberdaya alam yang dapat diperbarui," ucapnya.

Penggalian potensi sumberdaya alam berbasis ekowisata seperti potensi Gunung Sangga Buana dengan beberapa Curug, rehabilitasi sebagian lahan-lahan hutan merupakan potensi sumberdaya alam, selain dapat dimanfaatkan sebagai wahana penyeimbang  lingkungan, juga meruapakan daerah tujuan wisata. Untuk itu, pelaksanaan pembangunan generasi sekarang hendaknya dilakukan secara arif dan bijaksana, hingga akan tercipta pemenuhan kebutuhan untuk mengembangkan orientasi pembangunan yang bersifat lintas-angkatan, dengan mengkaitkan generasi masa kini dan generasi masa datang, serta terjelmanya hubungan solidaritas antar generasi.

"Hal paling menonjol adalah dimensi kualitas hidup sebagai sasaran temu bagi pembangunan dan pengembangan lingkungan. Warna, mutu dan kualitas lingkungan hidup meningkat sejalan dengan meragamnya (diversifikasi) aktivitas masyarakat. Arah pembangunan jangka panjang Kabupaten Karawang, lebih diarahkan untuk meningkatkan struktur ekonomi yang lebih beragam dan berkelanjutan, berbasis sumberdaya alam," ucapnya.

Disamping itu, tambah Tarsoen, kerangka referensi pengembangan lingkungan hidup di Kabupaten Karawang, tidak hanya mencakup dimensi lingkungan alam dengan unsur biologi dan hidroorologis semata-mata, akan tetapi juga mencakup dimensi lingkungan hidup sosial, sehingga terjalin hubungan timbal balik antara manusia, masyarakat dan lingkungan hidupnya. "Hal penting dilakukan adalah memacu kesadaran pola hidup berkemandirian, sebagai pola hidup yang wajar atas dasar penyerasian daya dukung sumberdaya alam lingkungan hidup, termasuk unsur-unsur lingkungan hidup, sosiosistem dan teknosistemnya," ucapnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template