Warga Banyak yang Belum Tahu Cara Urus KK - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Banyak yang Belum Tahu Cara Urus KK

Warga Banyak yang Belum Tahu Cara Urus KK

Written By Admin Raka on Jumat, 24 Agustus 2018 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Layanan gratis dokumen kependudukan sudah ada aturannya, bahkan berlaku untuk semua pelayanan yang diberikan pemerintah. Sayangnya, layanan ini dianggap masih belum efektif karena masih adanya masyarakat yang enggan mengurusnya sendiri sehingga meminta bantuan orang lain.

"Instruksi layanan gratis ini memang sudah ada, dan memang mewajibkan semua pelayanan dilakukan gratis," ucap Kepala Bidang Pencatatan Sipil Disdukcapil Nining Ratnaningsih, belum lama ini.

Hanya saja, terang Nining, sampai kini masih menjadi masalah karena masyarakat lebih suka menggunakan jasa orang lain mengurus dokumen kependudukannya. Sehingga, karena itu juga kita jadi sulit melaksana instruksi gratis pelayanan gratis satu hari selesai," ujarnya.

Selain itu, Nining juga menilai peranan pemerintahan kelurahan dan desa menjadi bagian penting apakah program yang diluncurkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang bersentuhan langsung dengan masyarakat berlangsung efektif. Peran penting itu sekaligus menjadi harapan pelayanan gratis satu hari selesai, bisa terealisasi jika berkas-berkas yang dibutuhkan untuk proses pengurusan diajukan ke bagian pelayanan kependudukan sudah dalam keadaan lengkap.

Disinggung masih adanya kendala dalam hal pelayanan, minimnya jumlah pegawai saat ini masih menjadi persoalan utama di dinas itu, sehingga pelayanan pun jadi terkesan lamban. Untuk itu pula menjadi alasan dinas ini melepas sebagian kewenangannya ke kecamatan. Artinya bagian yang melayani urusan kependudukan tidak hanya ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tetapi untuk tingkat kecamatan pun ada bagian kependudukan yang melayani urusan-urusan terkait masalah kependudukan warganya.

"Peran setiap kecamatan harusnya sudah bisa dimaksimalkan terutama dalam hal pelayanan kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) cukup diurus lewat kecamatan. Sehingga masyarakat tidak harus mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mengurus bukti kependudukannya," ucapnya.

Nining juga tidak menampik, jika selama ini masih banyak masyarakat pemohon dokumen kependudukan harus bolak-balik kantor dinas kependudukan dan catatan sipil karena persyaratan permohohannya belum lengkap. Padahal, semestinya itu tidak terjadi jika pihak desa ikut memberi pengarahan, paling tidak membantu mengarahkan kelengkapan berkas-berkas pemohon sebelum diajukan ke Disdukcatpil. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template