Wancimekar Lamban Serap Anggaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Wancimekar Lamban Serap Anggaran

Wancimekar Lamban Serap Anggaran

Written By Admin Raka on Kamis, 16 Agustus 2018 | 17.45.00

KOTABARU, RAKA - Diberlakukannya aplikasi Sistem Keungan Desa (Siskeudes) membuat para perangkat desa kesulitan untuk membuat proposal penggajuan dana desa. Akibatnya penyerapan anggaran yang seharusnya bisa dilakukan cepat oleh pemerintahan desa tersendat.

Muchlisin, Sekretaris Desa Wancimekar menyampaikan, proposal pengajuan dana desa tahap 1 baru akan diajukan tanggal 25 Agustus 2018. "Kita belum pengajuan. Minggu depan baru diajukan tanggal 25 Agustus," kata sekdes saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurutnya, keterlambatan pengajuan dana desa tahap 1 dikarenakan banyaknya proses yang harus ditempuh. "Survei harga juga harus ke 3 material untuk bahan perbandingan, sementara pemilik matrial juga kan pasti kurang respon kalau cuma nanya-nanya," tambahnya.

Selain itu, lanjut sekdes, aplikasi siskeudes juga menjadi faktor penyebab molornya pengajuan dana desa tahap 1. Karena dalam aplikasi tersebut proses pengisiannya cukup membutuhkan waktu yang lama. "Kalau manual kan gampang bisa copas, tinggal merubah lokasi sama volumenya. Kalau sekarang susah soalnya di siskeudes banyak kolom-kolom pengisian," ujarnya.

Masih disampaikan Muchlisin, dana desa tahap 1 yang akan diajukan sebesar Rp180.883.140. Dana tersebut akan dialokasikan untuk tata kelola pemerintahan desa, biaya penyertaan modal BUMDes, serta biaya pendidikan dan kesehatan. "Untuk kesehatan kita membangun posyandu di dusun cariu, kalau pendidikan kita memberikan bantuan pengadaan alat untk 10 PAUD," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template