Wakil Rakyat Belum Merakyat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Wakil Rakyat Belum Merakyat

Wakil Rakyat Belum Merakyat

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Agustus 2018 | 13.30.00

CILAMAYA, RAKA - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karawang telah melansir nama-nama bakal calon anggota legislatif yang akan bertarung pada Pemilu 2019. Meski masih berupa daftar caleg sementara, namun dipastikan nama-nama tersebut tidak akan berubah lagi.
Diantara daftar nama-nama tersebut, terdapat nama politisi yang saat ini masih tercatat sebagai anggota DPRD Karawang. Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karawang Miftah Farid mengakui, hampir seluruh anggota DPRD Karawang yang menjabat saat ini maju kembali. Namun dia tidak menyebutkan jumlah persisnya. "Hampir semuanya maju lagi, tapi memang ada yang naik ke DPRD provinsi," ujarnya yang dihubungi tadi malam.

Terkait kiprah para anggota dewan yang akan kembali maju lagi, masyarakat punya catatan masing-masing. Ali, anggota BPD Desa Cilamaya mengatakan, meskipun anggota dewan dari daerah pemilihan wilayah Cilamaya ada 8 orang, namun kinerjanya kurang memuaskan. Bahkan menurutnya lebih pantas dibilang gagal. Satu buktinya limbah di Sungai Cilamaya yang tak pernah tuntas dan tidak pernah ada dewan yang mengawalnya.
Begitupun dengan dana apirasi yang Rp 5 miliar per anggota dewan, menurutnya tidak terlalu dirasakan. Umumnya hanya dinikmati tim suksesnya. Dari delapan wakil rakyat yang mewakilinya, dia hanya mengenal dua orang saja, Budianto dari Partai Demokrat dan dr Atta Subagjadinata dari PKS.
Namun begitu, dia menyebutkan tidak akan memilih lagi caleg muka lama. "Dewan yang lama sudah gagal, masa mau kita pilih lagi, karena gak puas ya saya lebih milih yang baru," katanya.
Meski begitu, dirinya masih berharap kepada para caleg pendatang baru yang dikenalnya, seperti Yanto dari Partai Hanura, Sodikin dari Cilamaya dan Aceng dari Perindo.

Warga Lemahabang, Budiharjo juga menilai, delapan anggota dewan yang mewakilinya gagal memberikan pemerataan dana aspirasi infrastruktur bagi masyarakat. Dia juga kecewa karena para wakil rakyat sulit ditemui.
Meski begitu, ada dua anggota dewan yang dikenalnya, H Cita dari PDIP dan Budianto dari Partai Demokrat. "Yang lama susah ditemui, ya ngapain kita milih lagi yang itu-itu juga," kata pengurus Pemuda Pancasila itu tanpa menyebut harapannya kepada wakil rakyat yang akan datang.

Tokoh pendidikan Lemahabang, H Dedeng Huzaeni juga blak-blakan. Dia mengaku tidak puas atas kinerja para anggota DPRD yang mewakilinya. Selain tidak ada kontribusinya, fokus perjuangannya juga tidak jelas untuk siapa. Keberhasilannya pun tidak terukur, karena tidak pernah ada evaluasi.
Mantan kepala SMP negeri ini heran jika ada anggota dewan yang mau maju lagi dengan jargon ingin memperjuangkan masyarakat. "Emangnya kemarin apa saja yang diperjuangkannya?" selorohnya.
Dia juga mengaku tidak kenal semua anggota dewan.
"Gak semua kenal, yang mengenalkan diri juga saat ada maunya saja," pungkasnya.

Warga Cilamaya Kulon, Nurhadi Saputra menilai anggota DPRD hanya milik golongan tertentu. Ini menurutnya, bisa dilihat dari pendistribusian dana aspirasi. Keberadaan wakil rakyat belum sesuai dengan yang diharapkannya. Sektor ekonomi kerakyatan terabaikan. Pembangunan pun masih timpang. Secara pribadi, dirinya hanya kenal satu dua orang saja anggota dewan. "Karena dewan ketika reses ke masyarakat cenderung masih pilih-pilih yang mana wilayah yang dianggap basis terbesarnya. Kadang-kadang, bahkan seringnya, kalau bukan basisnya dilewat karena dianggap tidak akan mendulang suara," katanya.

Ajang Syaeful Khiyar, Kepala SMP Islam Fathonul Burhan Tempuran mengaku lupa dan tidak tahu siapa saja nama anggota dewan yang selama ini mewakilinya. "Seharusnya kalau mereka minat nyaleg lagi bisa lebih merakyat dan memperhatikan rakyat," ujarnya.
Kalau terpilih lagi, harus mau merealisasikan visi misinya. Karena dia yakin visi misi partai semuanya baik untuk kepentingan rakyat. "Yang salah bukan visi misinya, tapi ego individu yang lebih banyak mementingkan dirinya," kata Ajang. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template