Tumbuhkan Semangat Kebangsaan Lewat Pramuka - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tumbuhkan Semangat Kebangsaan Lewat Pramuka

Tumbuhkan Semangat Kebangsaan Lewat Pramuka

Written By Admin Raka on Selasa, 28 Agustus 2018 | 16.00.00

TEGALWARU, RAKA - Membentuk siswa berkarakter dan memiliki semangat kebangsaan menjadi keinginan besar sekolah, selain meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswanya dalam berbagai hal. Tentu saja seperti itu, dan bukan hal baru lagi kalau hampir semua sekolah melakukan dengan menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya gerakan pramuka.

Hal itu juga dilakukan MA Miftahul Huda gunas meningkatkan kemampuan siswanya. Melalui kegiatan itu diharapkan bisa menjadi benteng guna menangkis pengaruh-pengaruh buruk di luar lingkungan yang akan menyeret siswa melakukan tindakan-tindakan tidak terpuji. Terlebih mencermati tantangan dewasa ini, ada dua hal yang menjadi persoalan kebangsaan saat ini, yakni Masalah Sosial dan Kebangsaan.

Hal itu diungkapkan kepala sekolah Madrasah Aliyah Miftahul Huda H. Mayadi. Spd.I.MM. Menurut dia masalah sosial dan kebangsaan tidak bisa dianggap sepele karena akan berpengaruh terhadap masa depan remaja secara individu dan kebangsaan. Masalah sosial yang mengancam seperti peredaran dan penyalahgunaan narkoba, hubungan seksual pranikah dan aborsi yang disebabkan hubungan seks bebas, perkelahian, tawuran, kekerasan dan kriminalitas remaja lainnya. Sementara, lanjut dia masalah kebangsaan yang dihadapi yaitu solidaritas sosial, semangat kebangsaan, bela negara, semangat persatuan dan kesatuan yang rendah.

Masalah lainnya yang masih tingginya adalah angka putus sekolah, sulitnya mendapat pekerjaan akibat terbatasnya keterampilan, rendahnya rasa hormat kepada orang yang lebih tua dan guru, perilaku tidak sehat seperti merokok dan bentuk lainnya. "Dengan kegiatan pramuka ini saya berharap akan mengurangi tingkat kenakalan remaja, mereka akan sibuk dengan hal-hal positif yang selalu berinteraksi dengan orang banyak sehingga pemikiran yang negatif akan cendrung hilang. Dan saya setuju sekali, meskipun akan masuki libur panjang, pramuka di ambalan kami masih tetap bisa melakukan kegiatan yang mengarah ke arah positif," ucapnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template