Truk Besar Penyebab Kemacetan Klari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Truk Besar Penyebab Kemacetan Klari

Truk Besar Penyebab Kemacetan Klari

Written By Admin Raka on Jumat, 03 Agustus 2018 | 16.30.00

KLARI, RAKA - Langkah Dinas Perhubungan untuk mengurai kemacetan di jalan arteri Klari dengan menutup pertigaan kosambi dan kompel masih belum optimal. Pasalnya kemacetan masih kerap terjadi di jalur tersebut, penyebabnya adalah banyaknya kendaraan roda besar yang melintas.
"memang kemacetan sudah berkurang, tapi kadang suka ada, terutama saat banyak kendaraan besar," kata warga Walahar, Kecamatan Klari, Agung.

Menurutnya, harus ada jalan alternatif atau jalan khusus untuk kendaraan besar. Sehingga jalan raya Klari benar-benar bisa terhindar dari kemacetan. "Jalan dari dulu sampai sekarang segitu-gitu aja. Harus ada jalan baru khusus mobil besar," tambahnya.

Menurutnya, kalau tidak ada jalan baru khusus truk, pemerintah bisa menyediakan tempat kumpul truk-tuk besar yang biasa mengangkut produk dari pabrik. Kemudian ada kendaraan khusus yang mengantarkan barang yang akan diangkut ke tempat truk ngetem itu. "Jadi yang melintasi jalan arteri hanya mobil-mobil kecil. Truk gedenya disiapkan tempat ngetem dekat tol saja," ujarnya.

Ia juga menyampaikan, perkembangan Karawang yang begitu pesar memang harus diimbangi dengan peningkatan infrastruktur jalan. Termasuk penambahan jalan agar volume kendaraan yang terus meningkat bisa teratasi. "Mobilnya terus bertambah, jalannya nggak bertambah pasti macetlah," ujarnya.

Atau ada pilihan yang lebih hebat, tambah Agung, perusahaan yang ada di jalur Klari dipindahkan semua ke kawasan industri. Dengan demikian aktivitas warga tidak tercampuri oleh aktivitas karyawan dan mobil pengangkut barang industri, sehingga kemacetan bisa teratasi. "Pabriknya pindah-pindahin, suruh masuk semua ke kawasan. Jadi nggak ada pabrik yang beroperasi di jalur arteri," pungkasnya.

Iwan Kristiawan, Kabid Prasarana Dishub Karawang sebelumnya menyampaikan, Dishub terus melakukan upaya-upaya agar keluhan masyarakat terkait kemacetan terus berkurang. Maka salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menutup pertigaan dan putaran jalan dibeberapa titik, termasuk di Pasar Kosambi dan Kopel. "Ini bertujuan untuk mempertahankan tingkat pelayanan jalan. Karena banyaknya bukaan median maka menjadi simpul awal terjadinya perlambatan laju kendaraan sehingga berujung pada kemacetan," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template