Tinggal Persoalan Limbah yang Belum Tuntas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tinggal Persoalan Limbah yang Belum Tuntas

Tinggal Persoalan Limbah yang Belum Tuntas

Written By Admin Raka on Rabu, 15 Agustus 2018 | 16.30.00

JATISARI, RAKA - Pembangunan fisik di Situdam sudah hampir selesai. Namun ada persoalan klasik yang sampai saat ini belum bisa diselesaikan, yaitu persoalan pencemaran bendungan Barugubug.

Ternyata meski banyak warga yang protes terkait pencemaran tersebut, apalah daya tangan tak sampai, karena pemerintahan Desa Situdam tidak memiliki kewenangan untuk bisa menindak para pelaku pencemaran.

"Sudah belasan tahun ini tercemar, tapi gak pernah ada solusi," kata warga Situdam, Suherman (54), kepada Radar Karawang.

Ia meminta agar pemerintah benar-benar serius untuk bisa menyelesaikan permasalahan ini. Karena air limbah tersebut digunakan para petani untuk mengairi sawah, sehingga dikhawatirkan ada dampak buruk terhadap kesehatan warga. "Kalo sekarang belum terasa, mungkin sekian tahun ke depan, soalnya itukan kimia," ujarnya.

Kepala Desa Situdam Iwan Kurniawan, juga mengaku geram dengan pencemaran tersebut. Karena meski para petinggi sudah turun ke lapangan, tapi sampai saat ini belum ada solusi. "Kalo soal limbah, pemerintahan desa hanya bisa menampung keinginan warga dan menyampaikan kepada pihak-pihak yang berwenang," ujarnya.

Karena, pemerintahan desa tidak sampai mengurus persoalan pencemaran irigasi, terlebih pencemaran tersebut terjadi karena ulah perusahaan yang ada di luar Kabupaten Karawang. "Kalo semua anggaran dan program desa kami jalankan dengan baik. Kalo soal pencemaran wah capek saya juga," ujarnya.

Ia juga menyampaikan, meski banyak pihak terkait yang turun ke lapangan, seperti Dinas Lingkungan Hidup Provinsi, Polda, Polres, bahkan Kementerian Lingkungan Hidup, namun sampai saat ini belum ada penyelesaian atas permasalahan tersebut. "Emang urusan limbah ini gak beres-beres, harusnya pihak terkait bisa menyelesaikan masalah ini," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template