Timbunan Sampah Hambat Air ke Sawah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Timbunan Sampah Hambat Air ke Sawah

Timbunan Sampah Hambat Air ke Sawah

Written By Admin Raka on Senin, 27 Agustus 2018 | 13.30.00

TEGALWARU, RAKA - Warga diingatkan agar aktif menjaga kebersihan lingkungannya, apalagi saat musim kemarau ini. Penyakit akan mudah menyerang jika warga tetap bertahan dengan pola hidup joroknya.

Disinggung pola hidup bersih yang mestinya diterapkan masyarakat agar penyakit tidak gampang menyerang, Nurdin (55) warga Kampung Cipeuteuy Lebak mengatakan, semua itu tergantung kesadaran masing-masing orangnya. "Tidak semua warga punya prilaku hidup jorok. Dilingkungan saya tidak sedikit juga warganya yang punya tempat membuang sampah. Bahkan mereka menyadari pentingnya kebersihan dengan membakar sampah-sampah yang ada ditempa sampah," jelas Nurdin.

Nurdin sendiri merasa bingung, kenapa persoalan sampah ini begitu sulit mencari solusinya. Apalagi menyinggung adanya warga yang buang sampahnya ke sungai. "Saya ma tidak habis pikir kalau mereka masih tetap buang sampah ke saluran air, berarti tidak mementingkan kepentingan khalayak. Saya juga bingung, ini masalah bukan saja baru sekarang tetapi sudah berlangsung bertahun-tahun," ucapnya.

Sementara Anih (40), warga Kampung Cipeuteuy Desa Mekarbuana menuturkan, rata –rata warga selama kemarau ini banyak yang buang sampah di saluran air karena keterbatasan ruang di halaman rumahnya masing-masing. “Mesti buang sampah dimana lagi selain di saluran air. Soalnya kami tidak punya pekarangan di rumah untuk membuang sampah. Kalau ada juga mungkin saya tidak mungkin buang sampah di saluran air," ucapnya.

Hal sama diungkapkan Jaja (60) dirinya juga mengeluhkan banyaknya sampah di saluran air sehingga menghambat air mengalir ke sawahnya. Selain itu pula berbagai benda pecah beling pun sering di dapatinya di saluran air tersebut. “Bagaimana tidak pusing soalnya air pun menjadi terhambat masuknya ke sawah," tandasnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template