Tangkap Pencemar Bendungan Barugbug - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tangkap Pencemar Bendungan Barugbug

Tangkap Pencemar Bendungan Barugbug

Written By Admin Raka on Rabu, 15 Agustus 2018 | 14.45.00

JATISARI, RAKA - Para pejabat silih berganti mendatangi bendungan Barugbug Jatisari, kali ini giliran Ketua DPD Golkar Karawang Syukur Mulyono yang memboyong seluruh anggota DPRD Karawang dari fraksi Partai Golkar ke bendungan yang tercemar oleh limbah perusahaan dari luar Karawang itu.

Asep Entus, salah seorang warga Barugbug, Jatisari menyampaikan, kondisi bendungan Barugbug saat ini sangat parah. Bendungan yang dulunya menjadi sumber air bagi masyarakat sekitar, kini sudah tercemari dan tidak bisa digunakan. "Kondisinya sangat parah, baunya sangat menyengat," kata Asep kepada Radar Karawang.

Menurutnya, bendungan yang dulunya bisa digunakan oleh masyarakat untuk keperluan mandi, mencuci bahkan layak untuk diminum setelah dimasak, kini berubah menjadi bendungan yang menyebabkan banyak penyakit pada anak. "Kalau dulu mah sering digunakan buat nyuci, mandi bahkan digunakan untuk minum. Kalau sekarang, jangankan untuk minum. Baunya saja sangat menyengat dan menimbulkan penyakit sesak napas pada anak," paparnya.

Berbagai upaya sudah dilakukan untuk mengatasi pencemaran bendungan tersebut. Bahkan beberapa pejabat hilir mudik bergantian mendatangi bendungan yang mengairi sawah ribuan hektare di wilayah Jatisari, namun sampai saat para pejabat itu mundur secara teratur dan tidak kembali bersuara keras untuk persoalan pencemaran tersebut. "Kalo sekarang Ketua DPD Golkar Karawang bawa rombongan Fraksi DPRD Golkar, janjinya siap untuk mendorong sampai tuntas persoalan pencemaran tersebut, kami sebagai warga tentu sangat mendukung," ujarnya.

Wakil Ketua Fraksi Golkar Saepudin Permana menyampaikan, pencemaran bendungan Barugbug sudah masuk kategori kejahatan lingkungan, masyarakat juga sudah benar-benar menjadi korban atas pencemaran perusahaan yang ada di luar Karawang. "Warga Karawang hanya jadi korban, pelakunya (perusahaan) dari Purwakarta dan Subang, harus segera diselesaikan," tegasnya.

Ia memastikan, selepas sidak yang dilakukan oleh fraksi Partai Golkar, akan langsung ditindaklanjuti dengan melakukan kunjungan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang, kemudian maraton dilanjutkan ke Dinas Lingkungan Hidup Provinsi bahkan sampai kementerian. "Kita harus optimis untuk bisa menyelesaikan masalah ini," ujar Aep sapaan akrab Saepudin Permana yang merupakan komisi C DPRD Karawang.

Ketua DPD Golkar Karawang Sykur Mulyono menyampaikan, sengaja membawa seluruh unsur Fraksi Golkar agar bisa menyaksikan langsung bagaimana kondisi Bendungan Barugbug yang tercemar itu. "Golkar akan all out untuk bisa menyelesaikan masalah ini," tegasnya.

Disinggung mengenai banyak warga yang pesimis dengan banyaknya pejabat yang datang ke Barugbug tapi sampai saat ini tidak ada hasil, ia menegaskan, Golkar tidak main-main untuk bisa menyelesaikan persoalan pencemaran Barugbug, tidak ada persoalan lain kecuali komit membantu masyarakat. "Kami akan bongkar termasuk jika ada oknum di belakangnya (di belakang pencemaran Barugbung)," pungkasnya. (cr2/zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template