Tanggapan Masyarakat Bisa Ubah Status Caleg, Bermasalah Laporkan ke KPU - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Tanggapan Masyarakat Bisa Ubah Status Caleg, Bermasalah Laporkan ke KPU

Tanggapan Masyarakat Bisa Ubah Status Caleg, Bermasalah Laporkan ke KPU

Written By Admin Raka on Selasa, 14 Agustus 2018 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Babak baru kontestasi pesta demokrasi lima tahunan dimulai. K
omisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang menyebut ada 37 bakal calon anggota legislatif yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Mereka berasal dari Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Dari total 706 bakal calon legislatif, ada 37 orang yang masuk dalam TMS karena saat batas waktu terakhir penyerahan dokumen perbaikan tidak mampu melengkapi persyaratannya," kata Komisioner KPU Karawang Miftah Farid kepada Radar Karawang di Aula KPU Karawang, Senin (13/8).

Dikatakan Farid, dalam pengumuman KPU Nomor: 288/PL.01.1-PU/3215/KPU-Kab/VIII/2018 tentang penetapan daftar bakal calon sementara anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang tahun 2019, yang memenuhi syarat sebanyak 669 bakal calon. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat ada 19 laki-laki dan 18 perempuan. "Yang tidak memenuhi syarat bervariatif, alasannya ada yang tidak bisa melengkapi administrasi. Seperti legalisir ijazah atau tidak bisa melengkapi SKCK. Dan ada juga yang mengundurkan diri," terangnya.

Ia melanjutkan, berdasarkan ketentuan Pasal 22 Ayat 3 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota, masyarakat dapat menyampaikan masukan dan tanggapan terhadap Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRD Kabupaten Karawang paling lama 10 hari terhitung sejak diumumkan. "Masukan dan tanggapan bisa dilakukan secara tertulis dengan melampirkan identitas diri lengkap, melalui alamat email teknis kpukarawang@gmail.com atau disampaikan secara langsung ke Kantor KPU Kabupaten Karawang di Jalan Pangkal Perjuangan, Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat. Atau bisa melalui kurir untuk menyampaikan tanggapannya," katanya.

Laporan masyarakat tentang bakal calon legislatif, kata Farid, bisa menentukan nasib bacaleg dalam daftar calon tetap. "Apabila yang bersangkutan (bacaleg) pernah masuk tipikor, katakanlah di tahun sebelumnya, lalu ada tanggapan valid secara hukum bisa dibuktikan akan berdampak terhadap status calon tersebut. Bisa jadi TMS," terangnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template