Sumber Air Cikamunding Ditemukan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sumber Air Cikamunding Ditemukan

Sumber Air Cikamunding Ditemukan

Written By Admin Raka on Kamis, 30 Agustus 2018 | 14.45.00

KARAWANG, RAKA - Bencana kekeringan yang melanda Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru akhirnya ditanggapi serius Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang. Kemarin, Badan itu memastikan sudah menemukan lokasi sumber air yang bisa memasok kebutuhan air warga desa terdampak kekeringan di dua kecamatan tersebut.

Kepala Badan Penanggulanganan Bencana Daerah Asep Wahyu menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Rabu (29/8). Dia mengatakan sumber mata air bersih berasa di Dusun Cikamunding Desa Cintawargi, Kecamatan Tegalwaru. Sumber air ini, ditegaskan Asep akan menjadi solusi krisis air yang terjadi di Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan yang berlangsung berbulan-bulan. 

"Kita sedang melakukan pengecekan keberadaan sumber air di wilayah Dusun Cikamunding Desa Cintawargi Kecamatan Tegalwaru itu. Kita berhadap sumber air ini akan menjadi solusi kekeringan di lokasi dua kecamatan tersebut," tandas Asep, dan menambahkan nantinya pihaknya akan berhitung kondisi medan dan potensi mata air itu yang bisa dipasok kepada warga.

Makanya, terang Asep, pihak langsung meluncur ke lokasi temuan begitu mendapat informasi sumber air di Dusun Cikamunding tersebut. "Hari itu juga (kemarin, red) personel kami langsung mengunjungi lokasi keberadaan sumber air itu untuk bisa dihitung berapa banyak air yang bisa didistribusikan kepada warga terdampak kekeringan di Pangkalan dan Tegalwaru," ucap Asep.
Asep juga mengatakan, Badan Penanggulanganan Bencana Daerah tidak tutup mata terhadap krisis air yang terjadi di desa-desa terdampak. Buktinya, hingga saat ini Badan itupun masih terus menyuplai air secara bergilir. "Selama ini kita setiap hari melakukan penyuplayan air. Sehari bisa sampai tiga kali, itupun karena jarak yang cukup jauh," katanya.

Dalam satu kali pemberangkatan pengiriman BPBD, kata Asep bisa mencapai 5000 liter air, belum lagi dari pihak kepolisian dan PDAM Karawang yang sigap juga mendistribusikan air kepada masyarakat. "Hari ini kita akan melihat potensi air, berapa per detik yang keluar untuk potensi air yang ada. Saya akan bawa tim untuk tindak lanjutnya," ujarnya.
Adapun untuk wilayah yang saat ini mengalami kekeringan ada di tujuh desa dari dua kecamatan. Desa-desa itu masing-masing Desa.

Cintalanggeng dan Kutalenggang kedua berada di Kecamatan Tegalwaru. Sedang di Kecamatan Pangkalan masing-masing Desa Tamanmekar, Tamansari, Jatilaksana, Cintaasih dan Desa mulangsari. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template