Sudah Rapuh, Dilindas Truk Jembatan Kali Asin Ambrol - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sudah Rapuh, Dilindas Truk Jembatan Kali Asin Ambrol

Sudah Rapuh, Dilindas Truk Jembatan Kali Asin Ambrol

Written By Admin Raka on Kamis, 02 Agustus 2018 | 18.00.00

TEMPURAN, RAKA - Truk pengangkut es balok yang akan ke Tempat Pelanggan Ikan (TPI) Samudera Mulya Desa Ciparagejaya Kecamatan Tempuran, amblas di jembatan Kali Asin, Selasa (31/7) sekitar pukul 13.00 Wib. Truk T 8733 DG itu terjebak saat melintas dengan kecepatan rendah di jembatan Dusun Cibanjar RT 15/05. Hingga Rabu (1/8) siang
truk belum bisa divakuasi. 

Ketua Rukun Nelayan (RN) Ciparagejaya Miscu mengatakan truk celaka yang dalam perjalanan ke TPI Samudera Mulya itu membawa es balok dengan muatan penuh untuk kebutuhan para nelayan melaut. Namun, kondisi jembatan dengan panjang sekitar 8 meter dan lebar 4 meter yang lapuk itu, tidak sanggup menahan beban truk yang diperkirakan bermuatan hampir 5 ton. "Jembatannya memang sudah rapuh ditambah beban truknya amat berat ya jembatannya pun ambrol," ucapnya.

Petugas sendiri baru bisa mengevakuasi truk tersebut pada Rabu (1/8) Siang.  Semantara akibat peristiwa tersebut arus lalulintas di ruas itu tersendat. Puluhan kendaran yang akan melintas terpaksa putar balik. Sementara Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) langsung melakukan pengecekan terhadap kondisi jembatan, dan secepatnya akan diperbaiki. "Kendaraan yang tidak bisa melintas cuma mobil kalau motor masih bisa karena ada siswa bagian jembatan yang tidak ikut ambrol," ucap Miscu.

Dikatanan Miscu, jembatan itu sendiri merupakan satu-satunya akses yang bisa dilintasi truk pengangkut es balok. Jika jembatan itu tidak secepatnya diperbaiki dikhawatirkan akan mengganggu stabilitas penangkapan dan jual beli ikan di TPI Samudera Mulya. "Ada yang cek sih, semoga rehabnya bisa lebih cepat, karena ini akses satu-satunya yang hidup, khususnya pengangkutan es bagi nelayan," katanya.

Wakil Ketua DPRD Karawang Budianto SH yang juga warga Ciparagejaya mengatakan, jembatan Kali Asin yang ambrol dipastikannya segera diperbaiki PUPR. Untuk sementara penyambung jalan diseberangnya menggunakan bagang kelapa agar kendaraan roda empat bisa melintas. "PUPR sudah langsung mengecek lokasi, dan kita mendorong agar secepatnya dikerjakan sehingga bisa digunakan kembali," ucap Budianto dan menambahkan jika perbaikan jembatan akan menggunakan dana talangan. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template