Sopir Nakal Truk Sampah Bawa Muatan Overload Diperingatkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sopir Nakal Truk Sampah Bawa Muatan Overload Diperingatkan

Sopir Nakal Truk Sampah Bawa Muatan Overload Diperingatkan

Written By Admin Raka on Jumat, 03 Agustus 2018 | 13.59.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang memastikan akan melakukan pembinaan hingga teguran secara langsung kepada para sopir dan pemuat sampah di semua wilayah UPTD Kebersihan yang memaksakan kendaraannya memuat sampah hingga overload. Hal itu dianggap perlu dilakukan agar kendaraan tidak cepat rusak.

Kabid Kebersihan Pengelolaan Sampah dan Limbah DLHK Karawang Nevi Fatimah menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Kamis (2/8). "Pembinaan dan pengawasan kepada pengemudi dan pemuat sampah akan kita lakukan agar mereka mengetahui dampak dari overload muatan. Itu perlu sebagai perawatan kendaran supaya tidak cepat rusak," ujar Nevi di ruang kerjanya.

Kata Nevi, pihaknya tidak menampik dengan kabar jika tidak sedikit kendaraan pengangkut sampah milik DLHK Karawang yang dioperasikan tidak mengikuti standar muatan.

Kendaraan itu membawa sampah dari berbagai tempat dan akan membuang sampahnya ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Jalupang di Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru. "Kapasitas kendaraan itu 6 kubik maksimalnya dan itu juga sudah sudah muncung ke atas muatannya Tapi memang ada yang muatannya lebih dari itu, kadang-kadang sampai 8 kubik dan alasan supir untuk menghemat BBM, sehingga kapasitas menjadi penuh dan mereka selalu gunakan terpal sebagai penutup," ujarnya.

Nevi juga menyadari dengan adanya muatan tersebut menjadikan kendaraan akan cepat rusak, selain dari dampak muatan sampah oleh kendaraan, jika kemudian diikuti juga dengan muatan yang berlebihan selain akan berpengarauh juga dinilai kepada para pengangkut sampah tersebut. "Kita akan lakukan pembinaan dan pengawasan, kita akan tegaskan jika pengangkutan maksimal 6 kubik dan harus ditutup oleh terpal," terangnya.

Lanjut Nevi, selain dari dampak akan merusak kendaraan untuk jangka panjang, dipastikan keberlangsungan kebersihan juga akan terganggu seketika kendaraan sudah tidak bisa diopersionalkan kembali. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template