SMPN 10 Belajar di Alam Terbuka - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMPN 10 Belajar di Alam Terbuka

SMPN 10 Belajar di Alam Terbuka

Written By Admin Raka on Rabu, 08 Agustus 2018 | 13.45.00

PURWAKARTA, RAKA - Sekolah Menengah Pertama Negri 10 Purwakarta melakukan kerja sama pendidikan alam terbuka dengan Self Learning Institute (SLI).

Kerja sama tersebut rencananya akan mengembangkan pendidikan karakter. Founder SLI Muhammad Irvan Efrizal menjelaskan bahwa konsep pembelajaran mandiri dibangun untuk menumbuhkan kesadaran setiap peserta didik.

"Praktiknya seperti belajar di alam terbuka, menghargai setiap jengkal tanah dengan tanamannya, kearifan lokal yang adiluhung, serta ada kegiatan hening yang menyatukan jiwa dan raga peserta didik agar bisa hadir dan bersinergis. Ini wujud pengembangan pendidikan berkarakter," terang dia kepada wartawan.

Disamping itu, lanjut dia, Self Learning Institute kemudian membangun komunitas Pendidikan non formal yang merupakan tempat belajar bagi mereka yang memiliki potensi dan latar belakang berbeda.

"Ini bukan Pendidikan formal. Kurikulum kita sangat fleksibel, mulai untuk anak-anak, remaja, dan dewasa. Ibu-ibu dan bapak-bapaknya pun bisa belajar di tempat ini,” jelasnya.

Dari pengalaman itu, Efrizal mengaku tertarik membina kerjasama dengan SMPN 10 Purwakarta. "Di SMPN 10 ruang kelasnya terbuka, didukung luas lahan, persawahan, sungai, kolam dan kebun yang menjadikan proses pembelajaran berlangsung menarik karena tidak dibatasi sekat-sekat tembok dan dinding yang kaku," katanya.

Ditempat yang sama, Kepala SMPN 10 Purwakarta Hj Neneng M Patimah menyambut positif ajuan kerjasama dari Efrizal. "Kita bertekad memajukan SMPN 10 Purwakarta sebagai sekolah pusat keunggulan sesuai dengan kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Apalagi tentang pendidikan berkarakter kita sangat apresiasi," pungkasnya. (ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template