SMA Terbuka Minim Peminat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMA Terbuka Minim Peminat

SMA Terbuka Minim Peminat

Written By Mang Raka on Selasa, 21 Agustus 2018 | 11.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Sempat menimbulkan kontroversi pada awal peluncurannya, SMA terbuka di Kabupaten Karawang yang berjumlah 9 sekolah itu kembali membuka pendaftaran bagi warga berusia 16-21 tahun hingga tanggal 31 Agustus 2018.
Minimnya minat masyarakat mendaftar di sekolah tersebut, memaksa kepala SMA induk yang sudah mendapat mandat untuk turun gunung ke desa-desa, menjaring anak putus sekolah.
Pengelola SMA Terbuka Lemahabang Dede Tarja mengatakan, siswa SMA Terbuka di Lemahabang tahun sebelumnya sebanyak 23 orang. Tempat Kegiatan Belajar (TKB) yang semula di kantor Desa Lemahabang, dialihkan ke SMA induknya. Sebab sekolah terbuka yang dulunya dinamai Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), butuh waktu dua hari dalam seminggu untuk melaksanakan kegiatan belajar, dengan lama waktu sama dengan reguler pada umumnya yaitu 3 tahun. Pakaian yang dikenakan SMA Terbuka ini bebas rapi, dengan guru-guru yang ditunjuk dan diberi SK kepala sekolah induk. "Ini program Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Di Karawang dibuka di 9 SMA sejak 1 Agustus-31 Agustus," ungkapnya kepada Radar Karawang, Senin (20/8) kemarin.
Lebih jauh Dede menambahkan, untuk pendaftaran tahun ini ditarget bisa menjaring 30 siswa baru. Dan sampai saat ini yang sudah resmi terdaftar baru 10 orang. Untuk menambah minat masyarakat, pihaknya tidak segan mendatangi desa-desa hingga meminta ketua RT melakukan pendataan. "Biaya pendidikan selama 3 tahun di SMA terbuka ini dijamin gratis. Sementara para guru-gurunya diberikan operasional khusus dari anggaran pemerintah selama mengelola SMA terbuka ini," tuturnya.
Sejauh ini sambungnya, tidak ada gesekan dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang mengelola Paket C, karena porsi dan ketentuannya berbeda. "SMA Terbuka dikhususkan bagi yang tidak mampu dan usia dibatasi maksimal 21 tahun. Belajarnya fleksibel sih, tapi kita juga saling berbagi dengan PKBM," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template