Siswa SMK Lestarikan Laut Cilamaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SMK Lestarikan Laut Cilamaya

Siswa SMK Lestarikan Laut Cilamaya

Written By Admin Raka on Senin, 27 Agustus 2018 | 18.20.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - SMKN 1 Cilamaya disebut-sebut menjadi lumbung Saka Bhayangkara, Bhakti Husada dan Saka Bahari di Karawang. Selain aktif berlatih menjadi bagian dari ekstrakulikuler, ketiganya juga aktif melestarikan laut Karawang dalam berbagai kegiatan penting.

Guru SMKN 1 Cilamaya Ratum, mengatakan Saka Bahari satuan karya pramuka yang minat pada bidang-bidang tertentu, termasuk bidang kelautan atau bahari. Banyak kegiatan yang dilakukan tim saka bahari Pramuka SMKN 1 Cilamaya. Kegiatan terakhir yang dilakukan adalah ikut andil dalam kegiatan pelestarian laut Tangkolak Kecamatan Cilamaya Wetan.

Kegiatan yang melibatkan Dirjen itu merupakan agenda nasional bersih-bersih pantai dan penanaman pohon mangrove untuk menjadikan laut sebagai aset masa depan bangsa.
"Saka Bahari adalah peminatan pramuka bidang kelautan, banyak kegiatan yang sudah diikuti siswa ini," katanya.

Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Cilamaya, Mashanudin S.Pd mengatakan, sebagai sekolah yang salah satu kompetensi keahliannya bidang agribisnis perikanan, Eskul Saka bahari Pramuka ini menjadi andalan, karena level yang sama dengan Saka Bhayangkara di Kepolisian dan Bhakti Husada. Anggota Saka Bahari yang berjumlah 45 orang ini banyak andil dalam sejumlah kegiatan, baik Kanira Kecamatan, Pelayaran Nusantara (Keliling Indonesia) dan juga giat sosial pelestarian lingkungan laut. "Di SMK kami tergolong paling banyak anggota Saka Bhayangkara, Saka Bahari dan Bhakti Husadanya, bahkan sangat aktif," ucapnya.

Kepala SMKN 1 Cilamaya, Hj Mutia Purnamawati M.Pd mengatakan,  tidak sedikit kegiatan yang dilakukan komunitas eskul Saka Bahari ini, terakhir dalam kegiatan bersih-bersih pantai di Tangkolak yang serentak digelar secara nasional. Para siswa, guru dan dirinya juga tidak kalah ikut serta menjadi bagian dalam kegiatan tersebut sekaligus tanam pohon mangrove dibibir pantai.

Para siswa dan guru-guru ikut serta sampai kegiatan tuntas, karena memang Saka Bahari itu diantaranya diarahkan untuk lebih dekat dengan alam dan laut pesisir. "Kita apresiasi kekompakan kegiatan-kegiatan saka Bahari ini, terakhir juga sering melibatkan guru-gurunya," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template