Siswa SDN Situdam 1 Hirup Udara Bau Busuk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SDN Situdam 1 Hirup Udara Bau Busuk

Siswa SDN Situdam 1 Hirup Udara Bau Busuk

Written By Admin Raka on Sabtu, 25 Agustus 2018 | 14.00.00

JATISARI, RAKA - Menyengatnya bau air limbah dari bendungan Barugbug yang tercemar selama bertahun-tahun, menyebabkan ketidaknyamanan pelajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Situdam 1 saat melakukan aktivitas belajar.

Mereka terpaksa harus belajar sembari menghirup udara yang sangat bau karena tercemarnya air bendungan. Seperti disamapikan Widia Virmas, siswa kelas VI SDN Situdam 1, bau yang bersumber dari air bendungan itu membuatnya merasa terganggu saat melaksanakan aktivitas belajar di sekolah. Terlebih saat ia sedang melaksanakan upacara atau kegiatan olahraga. "Ya terganggu kak, karena baunya sangat menyengat," kata Widia, Jumat (24/8).

Hal yang sama juga dikatakan Kamal Awaludin, kelas IV SDN Situdam 1, ia mengaku sulit berkonsentrasi saat belajar, karena terganggu oleh baunya udara yang berasal dari air bendungan. "Sama, ngerasa keganggu karena bau. Harapan aku sih semoga airnya jadi bersih lagi," ungkapnya.

Selain siswa, Diah yang sudah puluhan tahun berjualan di depan sekolah juga menyampaikan, tercemarnya air bendungan sudah berlangsung selama beberapa tahun. Ia juga mengaku sangat terganggu dengan baunya air tersebut. "Keganggu mah ya keganggu tapi mau gimana lagi. Ini mah udah lama banget udah tahunan," ungkapnya yang terlihat pasrah dengan kondisi yang terjadi.

Menurutnya, meski beberapa waktu lalu sudah didatangi Polres Karawang dan berbagai dinas lain. Namun kondisi air bendungan yang tercemar itu belum juga teratasi. "Sudah didatangi polisi, sudah didatangi orang kabupaten, tetap saja belum bisa diatasi," pungkasnya.

Sementara atas kondisi pencemaran tersebut Kepala Desa Situdam Iwan K dan beberapa warga meminta agar dilakukan pengujian di laboratorium atas air sumur yang ada di sekitar bendungan dan irigasi Barugbug, karena takut tercemar.

Sebenarnya, pengambilan sample air sumur warga sudah dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan beberapa bulan lalu.

Sementara di tempat yang berbeda, Kasubag TU Puskesmas Jatisari, Abdul Mu'min, menanggapi persoalan mengenai uji lab air sumur warga yang sebelumya telah diambil sample oleh puskesmas mengatakan, uji lab air sumur warga Situdam itu dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang. Hal itu dikarenakan pihak puskesmas hanya memiliki lab yang sederhana. "Hasil lab air sumur itu di dinkes, soalnya uji labnya juga dilakukan langsung oleh dinkes," ujar Mu'min.

Menurutnya, upaya yang dilakukan puskesmas agar masyarakat Situdam tetap sehat, ialah dengan memberikan penyuluhan kesehatan lingkungan kepada masyarakat Situdam dan sekitarnya, melalui Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). "Puskesmas hanya memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menerapkan PHBS agar bisa terhindar dari penyakit," ujarnya.
Sementara pihak Dinas Kesehatan belum memberikan tanggapan mengenai hasil lab tersebut. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template