Siswa SDN Kampungswah 1 Gugup Mau Disuntik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SDN Kampungswah 1 Gugup Mau Disuntik

Siswa SDN Kampungswah 1 Gugup Mau Disuntik

Written By Admin Raka on Selasa, 07 Agustus 2018 | 18.30.00

JAYAKERTA, RAKA - Setelah sebelumnya dinas kesehatan lakukan program imunasai Measles dan Rubela (MR) ke tiap-tiap sekolah, saat ini mereka disibukan kembali dengan program imunisasi kepada siswa sekolah yang baru masuk, atau biasa disebut program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Tiga sekolah di Kecamatan Jayakerta disasar tim Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Medangasem, yakni SDN Kampungsawah 1, 2, dan 3. Sejumlah siswa terlihat gugup, bahkan mesti dibujuk ketika mau disuntik.

Salah seorang tenaga kesehatan Puskesmas Medangasem, drg Tuti mengatakan, imunisasi dan pemeriksaan ini dilakukan terhadap siswa-siswa baru sekolah dasar. Mulai dari gaya hidup dan kebiasaannya setiap hari. "Apabila ditemukan penyakit ditubuh siswa-siswa tersebut, dapat langsung dilakukan pengobatan di tempat. Seperti gigi yang sudah waktunya copot tapi belum copot, kita pun langsung mencabutnya, tapi dengan izin orangtua. Kalau tidak, kita rujuk untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Bukan hanya sekolah dasar, lanjut dia, penjaringan kesehatan yang dilakukan di wilayah kerjanya ini merupakan pemeriksaan kesehatan keseluruhan tahap awal. Yang selanjutnya akan dilakukan kepada siswa SMP dan SMA yang baru masuk. Tujuannya, agar terdeteksi penyakit apa yang bersarang di dalam tubuhnya, jika sudah diketahui akan lebih mudah untuk dilakukan pencegahan dan diobati. "Dan pihak sekolah juga akan tahu bahwa siswa ini merderita penyakit ini dan itu, tinggal pihak sekolah menjaga dan mengimbau saja kepada siswa atas penyakit yang dideritanya," katanya.
Lebih lanjutnya, program tersebut dilakukan pihak dinas kesehatan yang bekerja sama dengan pihak sekolah untuk pemeriksaan kesehatan dan juga pemberian imunisasi bagi siswa baru di sekolah. "Sesuai dengan persiapan kita mengantisipasi semua, sekaligus penjaringan kesehatan terhadap seluruh siswa baru di sekolah-sekolah tersebut,” ujarnya.

Adapun sasarannya yaitu dengan melakukan pemeriksaan fisik seperti pemeriksaan mata, telinga dan gigi. Terlebih memberikan pengarahan agar siswa dapat melakukan kebiasaan sehat yang akan menjaga kondisi tubuhnya dari berbagai penyakit dan virus. "Semua penyakit kita deteksi," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template