Siswa Diajak Memahami Pentingnya Kedisiplinan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa Diajak Memahami Pentingnya Kedisiplinan

Siswa Diajak Memahami Pentingnya Kedisiplinan

Written By Admin Raka on Senin, 27 Agustus 2018 | 13.15.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Upacara bendera melatih siswa agar mempunyai jiwa kedisiplinan. Melalui kegiatan itu diharapkan bisa membuat siswa taat terhadap peraturan, sehingga kedepannya siswa bisa menjadi pribadi yang kuat dan disiplin.

Seperti berlangsung di SDN Wanasari 1 Telukjambe Barat, setiap hari Senin sekolah itu melaksanakan upacara bendera. Kegiatan itu merupakan upaya pihak sekolah memberikan pelajaran kedisiplinan kepada siswa. Karena melalui pelajaran itu siswa diajak untuk memahami pentingnya kedisiplinan. "Upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari senin itu merupakan proses pembelajaran siswa untuk memahami pentingnya kedisiplinan," ucap Kepala SDN Wanasari 1 Sutini.

Upacara bendera memang warisan bangsa Jepang ketika menjajah Indonesia, dimana setiap pagi sebelum memulai aktifitas mereka mengharuskan tentaranya melakukan upacara kenaikan bendra.  Jepang dikenal sebagai negara yang rakyatnya mempunyai rasa nasioalisme, ketaatan dan disiplin yang sangat tinggi. "Setiap pagi bangsa Jepang mengumpulkan tentaranya untuk melaksanakan apel pagi. Hal ini dilakukan agar tentaranya selalu siap siaga dalam berbagai hal dan keadaan," ucap  Sutini.

Dari pengalaman bangsa Jepang ini, terang Sutini banyak pembelajaran yang bisa diambil, salah satunya bahwa kedisiplinan akan melahirkan sesuatu kekuatan yang maha dahsyat, sehingga dapat meraih apa yang diinginkasn di masa yang akan datang. Kesadaran akan kedisiplinan inilah, tambah Sutini, yang mestinya diterapkan kepada setiap pendidik di sekolah terhadap anak didiknya, agar mereka terbisa melakukan sesuatu dengan teratur dan penuh dedikasi. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template