Siasati Kenakalan Pelajar dengan Ekstrakurikuler - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siasati Kenakalan Pelajar dengan Ekstrakurikuler

Siasati Kenakalan Pelajar dengan Ekstrakurikuler

Written By Admin Raka on Jumat, 24 Agustus 2018 | 14.45.00

TEGALWARU , RAKA - Kedisiplinan merupakan sikap mental yang mencerminkan tingkah laku perbuatan seseorang untuk patuh dan taat kepada aturan. Sikap disiplin sangatlah penting bagi seseorang untuk meraih kesuksesan. Oleh karena itu kedisiplinan sebaiknya diajarkan sejak dini.

Sama halnya yang diberlakukan SMK IPTEK Sanggabuana Tegalwaru. Sekolah kejuruan biasanya rentan terhadap persoalan kedispplinan. Tidak mau hal itu terjadi maka berbagai cara dan upaya pencegahan dilakukan sekolah itu, termasuk mengadakan pelajaran ekstrakurikuler. Hal itu dikatakan Plt. Kepala Sekolah SMK IPTEK Sanggabuana Obay Sopandi Spd.

"Disiplin mencakup banyak hal, salah satunya displin dalam diri pribadi. Disiplin dalam diri pribadi ini maksudnya bagaimana sikap seseorang dalam mematuhi peraturan yang ada," ucap Obay. Diakuinya, untuk bisa mewujudkan itu memang perlu adanya gerakan yang dapat meningkatkan tingkat kedisiplinan siswa. Diantaranya yang menjadi andalan yaitu memberikan hukuman kepada siswa.

Namun hukuman yang diberikan secara terus menerus justru akan melatih siswa menjadi kebal terhadap hukuman. Maka itu perlu gerakan alternatif lainnya yaitu dengan melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler. "Walaupun pelaksanaan ekstrakulikuler ini masih banyak hambatan, seperti kurangnya promosi. Akan tetapi bila pihak sekolah serius menyikapi hambatan-hambatan tersebut bisa dilalui," ucapnya.

Untuk mewujudkan hal itu, lanjut Obay, bisa dilakukan dengan mempromosikan kembali kegiatan ekstrakulikuler. Dan, Obay merasa bersyukur ekstrakurikuler di sekolahnya terlaksana dengan baik. Sehingga upaya pencegahaan terhadap kenakalan siswa bisa ditekan. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template