Sejarah Lokal Belum Disajikan Secara Objektif - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sejarah Lokal Belum Disajikan Secara Objektif

Sejarah Lokal Belum Disajikan Secara Objektif

Written By Admin Raka on Senin, 20 Agustus 2018 | 19.00.00

KARAWANG, RAKA - Dinas pendidikan dan kebudayaan disarankan supaya berkerjasama dengan pihak sekolah untuk melakukan penelitian sejarah ilmiah di wilayahnya. Sehingga sejarah yang belum jelas jejaknya bisa terungkap. Sehingga ke depannya sejarah lokal bisa disajikan secara objektif.

Hal itu diungkapkan pemerhati sejarah Anlatif, melalui artikel, beberapa waktu lalu. Meski diakuinya untuk itu membutuhkan dana penelitian tidak sedikit. "Pengajaran sejarah lokal dalam konteks ke Indonesiaan, dapat memberi sumbangan kepeserta didik dalam bentuk memperkenalkan struktur ekonomi, struktur sosial, struktur politik dan falsafah pemikiran," ucap Anlatif.

sementara faksafag pemikiran, jelas Anlatif bisa diwujudkan dengan sistem nilai dan norma, ideologi serta kompetensi masa lalu dari masyarakat daerahnya,  serta sumbangannya kedalam sejarah nasional masyarakat Indonesia. Pengajaran sejarah lokal, dalam konteks ini, terang dia, memperkenalkan kemanddirian pelajar dan keindonesiaanya.

Para siswa diberi pemahaman terhadap sejarah yang terjadi di daerah bersangkutan tetapi juga dikenalkan dengan hasil–hasil kecerdasan dan kearifan lokal yang diproduksi para leluhur atas upaya pemecahan masalah  kemasyarakatan di daerah mereka. Sehingga terbangun pemahaman dan kebanggaan dirinya terhadap sejarah leluhur  dan budaya masyarakatnya. "Generasi muda dapat belajar dari kekurangan dan kelebihan generasi leluhurnya yang telah membentuk sejarah masyarakatnya, untuk diperbaiki dan disempurnakan oleh generasi mereka dimasa mereka memiliki peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa," ucapnya.

Masih dilanjut Anlatif, siswa juga diperkenalkan berbagai bentuk rangkaian mozaik peristiwa–peristiwa lokal yang terbentuk karena konflik lokal maupun konflik dipusat yang terbawa ke daerah. Sehingga, mereka memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang bentuk warna warni jalinan peristiwa dalam tiap kurun waktu yang berbeda, saling terhubung, dan akhirnya membangun struktur sejarah nasional. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template