Sampah di Desa Pinayungan Bau Busuk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sampah di Desa Pinayungan Bau Busuk

Sampah di Desa Pinayungan Bau Busuk

Written By Admin Raka on Jumat, 17 Agustus 2018 | 14.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Kesadaran masyarakat dan pemerintah Kabupaten Karawang memelihara kebersihan masih sangat rendah. Seperti di wilayah Telukjambe Timur masih banyak sampah berserakan di bahu jalan dan menebarkan bau tak sedap.

Di ruas Jalan Raya Pinayungan, Desa Pinayungan, Kecamatan Telukjambe Timur misalnya. Timbunan sampah terlihat di pinggir jalan dan berbau busuk. Informasi di lapangan menyebutkan sudah sekitar dua mingguan sampah itu tidak diangkut, sehingga sebagian ada yang menebar hingga bahu jalan. "Parah sampahnya, sudah overload dan sebagian berceceran dibahu jalan. Sudah itu bau busuk lagi. Pegimana tuh supaya bisa segera dibersihkan sampahnya," ucap Esti, pengendara motor yang melintas di lokasi timbunan sampah.

Ketika perihal itu dikonfirmasi ke pemerintah desa setempat, Rabu (15/8) ternyata Kades Pinayungan tidak berada di tempat. Bahkan tidak seorang pun pegawai di kantor desa itu yang mau memberikan keterangan. Namun ketika Radar Karawang mengkorfirmasi pemerintah kecamatan, Camat Telukjambe Timur mengatakan bupati sudah memberi arahan perihal kebersihan, dan semua arahan itu sudah disampaikan ke desa-desa masing-masing, sehingga tidak menimbulkan persoalan estetika dan masalah kesehatan.

Kendati demikian camat tidak menampik jika Kecamatan Telukjambe Timur merupakan wilayah urban dan masih bermasalah soal sampah.

"Sebagian ada yang menyimak dengan seksama sehingga persoalan penanganan sampah bisa tertangani dengan baik. Tetapi saya juga berharap agar sampah bisa menjadi pekerjaan rumah bersama, sehingga tidak ada lagi warga yang membuang sampah dengan nyaman dan sembarangan di wilayah Telukjambe Timur," tegasnya.

Dirinya pun berharap pemerintah desa bisa proaktif dalam hal pengawasan sehingga jika di lapangan ada yang buang sampah biarkan aturan yang berbicara. Maka kewenangan persoalan sampah pun bisa dibuat peraturan yang mengikat seperti yang diaplikasikan pada peraturan desa. Menurut Asep, hal itu bisa saja dilakukan guna memberikan rasa jera bagi warga yang buang sampah sembarangan, tinggal bagaimana mekanisme di lapangannya.

Sementara Kades Sukaluyu melalui Sekdesnya Ahmad Jazuli ST mengatakan jika sampah menjadi persoalan kompleks yang perlu dibahas serius bukan saja di tingkat desa namun di tingkat RT dan RW agar semua mengetahui. "Jika semua ikut berpartisipasi dan semua pihak ikut melakukan pengawasan, saya yakin tidak akan lagi ada orang yang sengaja buang sampah sembarang dipinggir jalan," tandasnya. (yfn)

Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template