Sambar Kardus Api Langsung Membakar Gudang Limbah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sambar Kardus Api Langsung Membakar Gudang Limbah

Sambar Kardus Api Langsung Membakar Gudang Limbah

Written By Admin Raka on Sabtu, 04 Agustus 2018 | 13.15.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Hati-hati membakar sampah, apalagi kalau jenisnya kardus. Jika tidak diawasi bisa-bisa membakar gudang. Itulah yang terjadi di jalan utama Telukjambe, tepatnya di  Kampung Kalikalapa, Desa Sukaluyu, Jumat (3/8) siang. Api yang semula hanya membakar sampah disamping gudang merembet ke dalam gudang dan membakar limbah kardus dan plastik, hingga mengakibatkan kebakaran. 
 
"Saya tidak tahu persis kejadiannya, cuma tadi saksi mata warga disini mengatakan ada bakaran sampah disamping gudang sebelah barat. Api itu merembet ke dalam gudang dan membakar limbah yang disimpan di dalam gudang," ucap Agus (44). Selain limbah jenis kertas seperti kardus, gudang itu juga menyimpan limbah plastik dan barang-barang yang mudah terbakar.

Agus tidak menjelaskan secara rinci bagaimana api sampai berkobar dan membakar bangunan penyimpanan limbah tersebut. Namun, dia mengatakan kobaran api begitu cepat membesar dan membakar keseluruhan gudang. "Tidak juga bagaimana apinya cepat membesar tapi kata warga api masuknya dari bagian gudang yang terbuka, dan menyambar barang-barang yang mudah terbakar di dalam gudang," tambahnya.

Sementara Silvi (26) warga sekitar yang berdekatan dengan gudang penyimpanan limbah yang juga sebagai kos-kosan mengaku sempat panik dan sempat mengevakuasi barang berharganya keluar kosan. "Tembok kosan saya memang tebal tapi melihat apinya khawatir juga. Makanya saya mengamankan barang-barang saya keluar kosan," ucapnya.

Sedangkan Dul Jaya (30) penjaga gudang penyimpanan limbah mengaku untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Saat kejadian bertepatan waktunya salat Jumat. Sehingga ketika terjadi kebakaran tidak ada seorangpun karyawan berada didalam gudang. "Waktu kebakaran tidak ada aktifitas. Semua karyawawan sedang melaksanakan salat Jumat," tandasnya.

Dul Jaya mengatakan akibat peristiwa tersebut kerugian yang diderita ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Sementara pemilik gudang sendiri bernama H. Hadiri sat ini sedang melaksanakan ibadah haji. Sementara untuk memadamkan api tersebut petugas Damkar Kabupaten langsung mengerahkan 25 personelnya ke lokasi. Untuk memudahkan petugas memadamkan api petugas dibantu damkar dari KIIC terpaksan menjebol tembol sebelah barat pun akhirnya dijebol.

Reno (34) petugas Pemadam kebakaran Kabupaten Karawang mengatakan api memang agak sulit dipadamkan karena terlalu banyak barang-barang yang mudah terbakar di dalam gudang. Sementara untuk langsung menembus titik api itupun masih terhalang tembok besar. "Kami kerahkan sekitar 25 petugas Damkar dan 5 unit Damkar dan satu Damkar dengan kapasitas besar sekitar 10.000 liter dari Kawasan Industri Karawang (KIIC)," ucap Reno dan menyebutkan selain kardus di dalam gudang itu juga terdapat limbah tiner dan pencampur cat.

Berkat kesigapan petugas setelah menjebol tembok sebelah barat akhirnya bisa menerobos masuk. Api baru bisa dipadamkan tak lama setelah petugas mencapai titik api. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template