Saluran Air Depan Disdukcatpil Jadi Daratan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Saluran Air Depan Disdukcatpil Jadi Daratan

Saluran Air Depan Disdukcatpil Jadi Daratan

Written By Admin Raka on Selasa, 28 Agustus 2018 | 18.15.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) menyindir Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) soal pendangkalan saluran air di depan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Saluran air itu saat ini nyaris menjadi daratan dan sudah tidak teraliri air. 

Kepala Bidang Kebersihan Pengelolaan Sampah dan Limbah DLHK Nevi Fatimah menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Senin (27/8). Nevi tidak menampikk jika kondisi saluran air di depan Disdukcatpil itu sangat kumuh, malah tidak terlihat ada airnya. Padahal saluran air itu merupakn saluran utama yang mestinya kondisi harus lebih baik.

"Semua saluran air itu tanggung jawab waker dan waker itu tanggung jawabnya ada di Dinas PUPR," tandas Nevi. Malah Nevi menawarkan siap mengerahkan personelnya untuk bekerjasama PUPR mengembalikan fungsi saluran itu sebagai saluran utama untuk dipersiapkan pada saatnya nanti musim hujan. Bahkan untuk pengangkutan material sampahnya DLHK siap mengerahkan armadanya.

Nevi sendiri tidak menampik jika kondisi kumuh disetiap saluran itu saat ini terjadi, apalagi di musim kemarau ini potensi terjadinya pengendapan memang besar. Tetapi itu tidak bisa dibiarkan, karena nanti kondisinya akan menjadi lebih parah. Artinya, pemerintah mesti sigap dan siap untuk membersihkannya jika itu terjadi. "DLHK siap untuk pengangkutan sampah dan lainnya," tegas Nevi.

Nevi juga mengisaratkan agar secepatnya ada koordinasi lintas dinas sehingga bisa segera dilakukan normalisasi terhadap saluran utama di depan kantor Disdukcapil. Bahkan Nevi menyarankan supaya petugas waker segera kordinasi dengan DLHK. "Kalau mau wakernya koordinasi dengan kita, dan kita siap bantu, kalau sampah sudah diatas, kita bantu angkut sampahnya," katanya.
Nevi akan siapkan petugas kebersihan dalam melaksanakan kegiatan gotong royong menjadikan Karawang bersih dari sampah. Tidak hanya sampah tetapi rerumputanpun saat dicabut pastinya hal itu perlu dilakukan pembuangan. Kondisi seperti itu bukan hanya terjadi di Disdukcatpil saja, di depan masjid Al-Jihad saja juga kotor tapi waker menganggap itu sebegai tanggung jawab kebersihan," paparnya.

Saat dihubungi Sekretaris PUPR Asep Hajar menyampaikan pihaknya pun baru mendengar kondisi saat ini di depan kantor Disdukcapil. Meski demikian dia memastikan secepatanya akan memberikan arahan kepada pasukannya untuk turun ke lokasi, selain melakukan kordinasi dengan DLHK. "Kita laporkan kepada kepala bidangnya untuk ditindak, kalau eksennya tergantung mereka, saya lagi diluar," papar singkatnya. (apk) 
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template