Rutilahu di Desa Wadas Dibangun dengan Dana Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rutilahu di Desa Wadas Dibangun dengan Dana Desa

Rutilahu di Desa Wadas Dibangun dengan Dana Desa

Written By Admin Raka on Jumat, 03 Agustus 2018 | 17.35.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Guna menyediakan hunian layak bagi warganya yang miskin, Pemerintah Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur memanfaatkan Dana Desa sebagai biaya membangun rumah tidak layak huni.

Hal itu diungkapkan Kades Wadas H. Junaedi kepada Radar Karawang, Kamis (2/8). Kebijakan itu perlu dilakukan sebagai langkah pasti untuk meminimalkan angka kemiskinan yang ada di Desa Wadas. "Biayanya Rp 45 juta dan anggarannya kita ambil dari dana desa," ungkap Kades Junaedi. Kades menyebutkan rumah yang dibangun itu milik pasangasn Entap (48) dan Enjun (38) warga Kampung Candrasari RT 01 RW 02 Dusun Wadas, Desa Wadas. Mereka selama ini dikenal sebagai keluarga miskin. 

Secara terpisah Sekretaris Desa Wadas Mulyadi memaparkan kebijakan Pemerintah Desa Wadas membangunkan rumah tidak layak huni merupakan upaya untuk memotivasi warganya yang tidak mampu agar lebih giat lagi meningkatkan taraf hidupnya. Motivasi itu perlu dimiliki warganya sebagai semangat hidup untuk melakukan perubahan dalam keluarganya. "Tujuan kita memberi motivasi, agar setelah rumahnya bagus dan sehat pemiliknya bisa lebih giat mencari rejeki, sehingga taraf hidupnya pun nanti akan meningkat," terang Mulyadi.

Selain itu, sebut Mulyadi, sesuai arahan Kades Junaedi, bantuan yang bersumber dari pemanfaatan dana desa itu juga sebagai langkah pasti meminimalkan angka kemiskinan di Desa Wadar melalui konsep 'silih asah silih asuh' dimana kades berharap melalui konsep itu ada rasa saling memiliki diantara warganya. "Warga yang susah dibantu dengan warga yang mampu dengan cara gotong royong," ucap Mulyadi.

Melalui rasa saling memiliki itu diharapkan akan menimbulkan rasa optimis bagi warga, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan warga bersangkutan. Hal lain juga diharapkan dari rasa kepedulian itu untuk menumbuhkan kembali sikap gotong royong dikalangan warganya. "Banyak yang kita bangun dari konsep silih asah dan silih asuh ini. Namun yang terpenting kita akan membangun hubungan emosional diantara warga," ucapnya. 

Ditanya berapa banyak warganya yang masih dikategorikan warga miskin, Mulyadi hanya mengatakan saat ini Pemerintah Desa Wadas akan memastikan lagi jumlah warganya yang memang layak disebut miskin. Sehingga nantinya dana yang dipergunakan akan tepat sasaran. "Sekarang ini kami sudah siapkan programnya untuk menginventarisir permasalah kemiskinan di Desa Wadas, termasuk Rutilahu," terang Junaedi.

Sementara itu, warga yang menerima program Rutilahu  Entap merasa sangat bersyukur atas bantuan yang diterimanya. Diakui Entap, dirinya selama ini memang mengidam-idamkan rumahnya yang sehat dan kuat. Namun, untuk membangun Entap sendiri mengaku bermimpi pun tidak bisa melakukannya. "Alhamdulillah, jadi kenyataan. Rumah ini akan jadi motivasi bagi kami untuk hidup lebih baik lagi," ucap Entap. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template