Rumah Warga Miskin jadi Perhatian Kades - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rumah Warga Miskin jadi Perhatian Kades

Rumah Warga Miskin jadi Perhatian Kades

Written By Admin Raka on Rabu, 15 Agustus 2018 | 16.15.00

JATISARI, RAKA - Keberadaan dana desa dinilai sangat membantu percepatan pembangunan di pedesaan. Pasalnya selain untuk fasilitas umum, dana desa juga bisa digunakan untuk membangun atau memperbaiki rumah warga yang kondisinya tidak layak huni.

Kepala Desa Situdam, Iwan Kurniawan, berencana akan membantu membetulkan rumah salah satu warganya yang tergolong ekonomi rendah. Sedangkan kondisi rumahnya sudah tidak layak untuk dijadikan tempat tinggal. "Dari dana desa, kami juga rencanakan untuk perbaikan rumah Mak Kemik yang ada di Kampung Kaliwaru 2, Dusun I RT 03/02, Desa Situdam, rencananya pakai dana desa tahap tiga," beber Iwan.

Alasan mulai menggarap rutilahu adalah, karena infrastruktur jalan di Situdam sudah dirancang tuntas pada tahun ini. Karena pembangunan fisik bukan hanya dari dana desa saja, termasuk dari bantuan gubernur (Bangub) juga dialokasikan. "Anggaran yang masuk ke desa tentu sangat membantu untuk pembangunan yah. Manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Setelah selesai membangun fisik, kepala desa yang akan habis masa jabatannya ini sudah mulai menyusun program pemberdayaan masyarakat. Mulai dari peningkatan home-home industri dan lain sebagainya dimana masyarakat bisa meningkatkan pendapatan. "Kalau untuk pendidikan dan kesehatan, tiap tahun selalu dialokasikan. Tahun ini juga sama, sudah dialokasikan," bebernya.

Menurutnya, di tahun 2018 ini, pencairan dana desa dilakukan tiga tahap. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya dilakukan dua tahap. Untuk besarannya sendiri dia merincikan, tahap I sebesar 20 persen atau Rp187.496.240, untuk tahap II dan tahap III masing-masing 40 persen atau masing-masing Rp374.992.480. "Alhamdulillah, sampai masa jabatan mau berakhir, pembangunan (fisik) juga tuntas. Mudah-mudahan ini menjadi nilai ibadah untuk saya," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template