Rawat Inap Puskesmas Tirtajaya Rp 655 Ribu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rawat Inap Puskesmas Tirtajaya Rp 655 Ribu

Rawat Inap Puskesmas Tirtajaya Rp 655 Ribu

Written By Admin Raka on Selasa, 28 Agustus 2018 | 17.30.00

TIRTAJAYA, RAKA- Meskipun belum sembuh total, pasien asal Kelurahan Tunggakjati, Kecamatan Karawang Barat, Encih (49) terpaksa hengkang dari ruang rawat inap Puskesmas Tirtajaya. Hal tersebut dilakukan keluarga karena khawatir dengan pembiayaan yang membengkak. Benar saja Rp 655 ribu harus dikeluarkan oleh pihak keluarga pasien setelah di rawat 2 hari di Puskesmas Tirtajaya. Padahal, pihak keluarga telah mengantongi Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebagai pelengkap administrasi.

Menurut keterangan adik pasien, Encep (42) asal Dusun Jamantri 1, Desa Sabajaya, Kecamatan Tirtajaya, hampir satu bulan lalu Encih mengidap penyakit sesak. Karena kesibukan suaminya, satu bulan tersebut Encih menghabiskan waktu perawatannya di kediaman orang tuanya di Desa Sabajaya. Karena kondisinya yang semakin parah, Encih dirujuk ke Puskesmas Tirtajaya untuk diberikan pengobatan secara intensif. Namun sayang, sebelum penyakitnya sembuh, pasien harus dibawa pulang dengan terpaksa karena khawatir pembiayaan yang membengkak. "Terpaksa saya bawa pulang karena takut bayar mahal. Benar saja, saya harus bayar pengobatan kakak saya sebesar Rp 655 ribu selama dua hari di rawat inap,” ujar Encep kepada Radar Karawang, Senin (27/8) kemarin di kediamannya.

Dikatakannya, pembayaran tersebut dilakukan tanpa ada perincian yang jelas. Bahkan, ia sendiri tidak diberikan kuitansi atau bukti pembayaran dengan alasan untuk arsip puskesmas. Selebihnya, untuk pembayaran tidak terlalu ia pikirkan. Hanya saja, ia mempertanyakan perihal rawat inap jika pasien di luar kecamatan domisili pasien. “Saya kurang begitu faham tentang kartu KIS ini. Kok kakak saya ditolak untuk di rawat inap menggunakan kartu KIS karena alasan beda kecamatan.” ujarnya.

Sementara menurut kepala Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Puskesmas Tirtajaya, Teti Suhernayati SKM, dengan singkat ia mengatakan, pasien di luar Kecamatan Tirtajaya tidak bisa di rawat inap. “Jelas tidak bisa, karena berbeda kecamatan,” katannya.

Perihal pembayaran yang di lakukan pasien sebesar Rp 655 ribu, ia mengaku akan berusaha mengeceknya kembali. “Saya akan coba tanyakan dulu. Apa mau saya ganti? pusing saya,” pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template