Pos Kesehatan Desa Masih jadi PR - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pos Kesehatan Desa Masih jadi PR

Pos Kesehatan Desa Masih jadi PR

Written By Admin Raka on Rabu, 29 Agustus 2018 | 16.25.00

KARAWANG, RAKA - Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah untuk bisa terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diantaranya adalah dengan meningkatkan infrastruktur dan memberdayakan masyarakat untuk bisa ikut terlibat dalam pembangunan. Dua hal itu yang menjadi agenda besar pemerintahan Desa Cikampek Pusaka dalam menjalankan roda pemerintahan.
"Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Cikampek Pusa, maka setiap kucuran yang diberikan oleh pemerintah pusat, khususnya dana desa selalu dialokasikan untuk pembangun insfratuktur dan pemberdayaan masyarakat," ujar Kepala Desa Cikampek Pusaka Pendi Supendi, kepada Radar Karawang, Selasa (28/8) kemarin.

Ia menambahkan, skala prioritas itu ditentukan bukan karena kemauan pihak desa, akan tetapi keinginan masyarakat. Karena dalam penyusunan APBDes harus malukan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrembang) bersama aparatur desa, Karang Taruna, BPD, RT, RW, tokoh masyarakat dan intitusi lainnya yang berkaitan dengan pembuatan APBDes. "Dalam pembuatan APBDes kami selalu melibatkan semua institusi dan tokoh masyarakat, karena memang tertuang dalam aturan. Maka Skala prioritas ini berdasarkan keinginan bersama," katanya.

Menurutnya, jika pembangunan insfratuktur sudah tertata dengan baik serta pemberbdayaan masyarakat dikelola dengan maksimal, maka dapat memudahkan masyrakat yang berjumlah 4.386 jiwa terdiri dari 6 RW dan 18 RT dalam roda perekonomian, sehingga pendapatan perkapata akan semakan meningkat. Dengan demikian, maka tingkat kesajahtraan masyarakat desa juga akan meningkat. "Ketika infrastruktur sudah tertata rapih dan pemeberdayaan sudah dikelalola maksimal, maka tingkat perekonomian akan meningkat," ungkapnya.

Pada saat ditanya korupsi, Pendi Supendi menyampaikan, selama menjabat menjadi kepala desa 2 periode berturut-turut, dirinya selalu menjaga amanah yang diberikan oleh masyarakatnya. Setiap anggaran yang didapatkan desa selalu sesuai dengan perencanaan. Bahkan jika ada uang sisa, akan dimasukan untuk kas desa, lalu dialokasikan untuk masyrakat atau pembangunan di tahun berikutnya. "Tidak, karena tujuan saya menjadi kepala desa ingin memberikan keamanan, kenyamanan, dan ketertiban untuk masyarakat Cikampek, jadi mana mungkin saya korupsi," akunya.

Masih dikatakannya, anggaran DD tahap 1 2018 sudah direalisasikan dalam pembangunan infrastruktur dan pemeberdayaan masyarakat. "Sebesar Rp157.336.660 dari anggaran DD sudah kami realisaikan," akunya.

Leleki yang memiliki 2 anak itu melanjutkan, untuk anggaran DD tahap dua akan direalisikan pada hal yang sama. Karena masih ada pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan yang harus dibenahi. Namun ada satu penambahan, yaitu akan mengadakan pos kesehatan desa. "Masih dalam prioritas yang sama, naman tahun ini, kami sudah bekerja sama dengan Puskesmas Cikampek, jika pos kesehatan desa sudah ada, pihaknya siap menyuplai obat-obatan dan tenaga kesehatan," tuturnya.
Ia berharap, kepada semua staf desa dan para masyarakat untuk saling membantu dalam merealisasikan program kerja. Karena manfaatnya akan didapatkan oleh semua pihak. "Saya harap, kita bisa saling mendukung satu sama lainnya, baik dari instasi pemerintahan desa maupun masyarakat, toh jika program ini bisa memudahkan kita semua untuk berobat," pungkasnya. (acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template