Petani Dilatih Gunakan Herbisida - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Dilatih Gunakan Herbisida

Petani Dilatih Gunakan Herbisida

Written By Admin Raka on Jumat, 03 Agustus 2018 | 17.50.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Petani harus mengetahui secara benar penggunaan herbisida terbatas. Karena jika tidak tahu atau salah dalam penggunaan bisa menyebabkan keracunan tanaman.

Hal itu diungkapkan Ketua Aliansi Stewardship Herbisida (Alisther) Pusat Mulyadi Banteng, Kamis (2/8) saat pelatihan penggunaan herbisida terbatas di RM Sindang Reret. Kegiatan yang diselenggarakan Aliansi Stewardship Herbisida Karawang ini diikuti sekitar 114 petani sekabupaten Karawang. Hanya saja Mulyadi menuturkan kelangkaan tenaga kerja untuk mengolah tanah, khususnya mengendalikan atau memberantas rumput menjadi masalah di tingkat petani.

Mulyadi berharap melalui pelatihan itu, petani akan mengetahui berbagai persoalan baik dari perizinan pestisida, pemahaman label, penyimpanan, pemusnahan limbah pestisida, keselamatan kerja dalam penggunaan pestisida, pencegahan keracunan pestisida dan pertolongan darurat, teori dan praktek pemeliharaan, penggunaan secara efisien dan efektif dan kalibrasi handsparayer. 

"Tujuan Pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahamanan petani tentang herbisida berbahan aktif parakuat diklorida agar dapat digunakan secara baik dan benar serta efektif dengan dampak seminimal mungkin terhadap manuasia dan lingkungan," Ucapnya.

Di tempat terpisah, Ojang (37) petani dari Dusun Mekar 2 Desa Karang Mulya, Telukjambe Timur mengaku dengan adanya pelatihan itu dirinya jadi memahami pentingnya pengetahuan perihal herbisida dan dampaknya. Dia juga mengaku belum tahu dampak-dampak yang akan didapatkan petani akan Herbisida. "Beruntung saya mengikuti kegiatan itu sehingga jadi tahu pentingnya pengetahuan itu. Jujur saja kami di lapangan asal kerja saja yang penting hasil padi kami aman dan beres. Eh, tidak tahunya dampaknya saya baru tahu sekarang," ucapnya.

Dijelaskan Mulyadi, mengingat bahwa herbisida parakuat diklorida termasuk herbisida terbatas pakai, maka setiap pengguna herbisida terbatas harus mengikuti pelatihan berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian No. 39/Permentan/SR.330/7/2015. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template