Petani Diarahkan Garap Perikanan dan Peternakan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Diarahkan Garap Perikanan dan Peternakan

Petani Diarahkan Garap Perikanan dan Peternakan

Written By Admin Raka on Kamis, 02 Agustus 2018 | 14.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Peraturan Daerah (Perda) Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) menyebutkan Cikampek tidak termasuk salah satu kecamatan yang diproyeksikan untuk mempertahankan lahan pertanian pangan berkelanjutan. Oleh karenanya, UPTD Pengelolaan Pertanian Cikampek saat ini mulai mengarahkan pada petani untuk menggarap sektor perikanan dan peternakan.

Pantauan Radar Karawang, pembangunan perumahan yang menggunakan lahan sawah juga terus bermunculan, bukan tidak mungkin beberapa tahun ke depan, sawah di wilayah Cikampek habis, terlebih aturan juga tidak menyebutkan bahwa Cikampek merupakan zona hijau.

Tatang Sutiwa, penyuluh pertanian Cikampek menyampaikan, saat ini lahan sawah yang ada di wilayah Kecamatan Cikampek masih terhampar luas. "Sawah di Cikampek itu masih luas, masih ada sekitar 416 hektar," ujar Tatang.

Dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Cikampek, yang saat ini masih banyak sawahnya yaitu Desa Dawuan Barat dan Desa Dawuan Tengah. "Sebenarnya dari setiap desa juga masih ada sawah, hanya saja terpisah-pisah," tambahnya.

Menurutnya, saat ini ia berencana untuk sedikit mengarahkan para petani yang ada di Cikampek ke perikanan dan peternakan. "Rencananya sambil diarahkan ke perikanan dan peternakan, karena tidak memakan banyak lahan," ujarnya.

Jejen Jaenal, Kepala Desa Dawuan tengah mengatakakan, selama ini masih banyak sawah di wilyah Desa Dawuan Tengah. Namun ia juga tidak bisa memastikan berapa tahun lagi lahan sawah yang ada di desanya akan tetap ada. "Kalau dalam peraturanya bisa dialih fungsikan mungkin seiring dengan perkembangan zaman ya akan beralih fungsi. Tapi saya juga tidak tahu kapan. Kalau di Dawuan Tengah sih tidak banyak perumahan yang dibangun. Hanya ada dua perumahan itu juga dari dulu udah ada," ujarnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template