Petani dan Warga Gorol Normalisasi Kali - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani dan Warga Gorol Normalisasi Kali

Petani dan Warga Gorol Normalisasi Kali

Written By Admin Raka on Selasa, 07 Agustus 2018 | 17.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Sekitar 250 petani dan masyarakat Desa Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan, gorol normalisasi Kalen Putat dan Kalen Cariu. Dibantu aparat desa dan BPD, sampah yang bertaburan di kali yang mengairi 250 hektar sawah tersebu, diangkat, termasuk ganggangnya yang membuat dangkal sepanjang ratusan meter.

Kades Tegalwaru Aruji Atmaja mengatakan tahun ini 30 persen dana desa harus ada alokasi Hari Orang Kerja (HOK) untuk padat Karya Tunai, tujuannya Pemerintah ingin meringankan beban hidup rakyat, sehingga kegiatan normalisasi dua kalen di Tegalwaru ini dilakukan untuk memperlancar air masuk ke 250 hektar sawah. Masyarakat, sebut Aruji, terbantu dalam giat yang dilangsungkan 2 hari tersebut, karena selain aparat, masyarakat tani ikut serta dalam gorol ini yang mensyaratkan harus warga kurang mampu, Poto copy KTP dan BPJS, " PKT dengan HOK ini ada di Dana Desa, ya kita realisasikan optimal dengan normalisasi Kalen Putat dan Kalen Cariu yang masing-masing panjangnya 500 meteran, " Katanya.

Lebih jauh Aruji menambahkan, kalau seandainya peserta padat karya ini tidak dibatasi, mungkin sehari bisa mencapai 350 orang, karena dalam sehari, masyarakat lebih dari 200 orang ikuti kegiatan ini, sehingga kegiatan PKT ini sangat ramai, bahkan bukan saja kaum tani dan aparat, ibu-ibu sekitar 30 orang juga dilibatkan dam banyak yang mengapresiasinya.

Namanya juga padat karya, dari yang seharusnya di beko, normalisasi ini dilakukan oleh tenaga manusia. Kalau dibeko, mungkin sehari 1.000 meter tuntas, tapi karena ada PKT ini, masyarakat sendiri yang guyub menuntaskan berjamaah." Ibu-ibu juga kita libatkan,  namanya juga Padat Karya Jadi semuanya menggunakan tenaga manusia," katanya.

Camat Cilamaya Wetan, Drs H Hamdani mengatakan,  pihaknya mengapresiasi kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) yang real dilakukan di Desa Tegalwaru dari sumber anggaran dana desa. Dia menyaksikan sendiri kekompakan aparat dan masyarakat desa dalam kegiatan normalisasi Kali yang berada di Dusun cipancuh tersebut. Sebab dangkalnya kali dan banyaknya sampah yang menghambat aliran air, dibersihkan langsung oleh ratusan masyarakat agar sawah 280 hektar bisa normal terairi. "Kita sangat apresiasi kekompakan masyarakatnya, HOK dan PKT di Tegalwaru ini rill dilaksanakan dengan optimal," ucapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template