Permintaan Pangkas Pohon Belum Ditanggapi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Permintaan Pangkas Pohon Belum Ditanggapi

Permintaan Pangkas Pohon Belum Ditanggapi

Written By Admin Raka on Selasa, 28 Agustus 2018 | 15.30.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Dinas Perumahaan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) belum menanggapi permintaan Pemerintah Desa Sirnabaya terkait pemangkasan ranting rawan patah di sepanjang Jalan Raya Telukjambe, Kecamatan Telukjambe Timur. Padahal permintaan itu merupakan upaya yang dilakukan untuk menjamin keselamatan pengendara dari nasib sial tertimpa ranting patah.

Seperti diinformasikan sebelumnya, belum lama ini, Pemerintah Desa Sirnabaya dikonfirmasi koran ini terkait seringnya ada ranting patah di Jalan Raya Telukjambe dan mengenai pengendara yang melintas di jalan itu. Sejauh ini memang belum ada korban terluka kecuali kerugian yang diderita warga lantaran kendaraannya lecet malah penyok setelah tertimpah ranting pohon.

"Kalau saya lihat adanya pepohonan itu malah menjadi pohon peneduh sehingga di lingkungan itu tidak terlalu panas. Lalu dengan adanya masalah ini saya jadi khawatir juga. Coba nanti kita akan diskusikan dengan kades," ucap Sekretaris Desa Sirnabaya Deni Rukmana SE.

Deni sendiri mengaku baru mendengar laporan tersebut. Kendati demikian secepatnya,  setelah membicarakan perihal ini kepada kepala desa, pihaknya akan melakukan kordinasi dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman. "Saya fikir aman-aman saja, tapi nanti saya akan berkoordinasi dengan Dinas PRKP guna melakukan pencegahan. Saya juga baru tahu perihal tersebut," ucapnya.

Sementara pedagang yang memiliki warung di sepanjang Jalan Raya Telukjambe ketika diminta keterangannya rata-rata mengatakan senada. Keberadaan pohon-pohon besar di sepanjang jalan raya itu memang sebagai peneduh. Tetapi sejak musim kemarau ini hampir semua pohon menjadi kering. Karena kekeringan itu ranting-rantingnya menjadi lapuk dan mudah patah.

Berbayanya kalau angin lagi kencang, ada saja ranting pohon yang patah dan jatuh ke jalan raya. Untungnya yang sering tertimpa pengendara mobil, sehingga tidak sampai melukai pengendara. "Pengendaranya tidak terluka sih, tapi ya menggerutu juga karena membuat mobil lecet malah sampai penyok," ucap Firman (30) ketika itu. Dia memiliki warung di pinggir Jalan Raya Telukjambe.

Karena mewakili puluhan teman-temannya Firman berharap agar ada pemangkasan terhadap ranting-ranting pohon tersebut. Apalagi sudah sering kejadian ada pengendara yang tertimpa ranting tersebut. "Kebetulan kami kan jualannya dipinggir jalan ini jadi selalu tahu kalau ada peristiwa pengendara tertimpa ranting patah. Makanya, kalau bisa pohonnya dipangkas saja supaya tidak mencelakaan orang lewat," katanya.

Firman sendiri tidak bisa memastikan secara jelas jumlah pohon yang rantingnya rawan patah, tetapi kalau yang tumbuh di sepanjang Jalan Raya Telukjambe jumlahnya bisa mencapai puluhan, dan semuanya rawan patah rantingnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template