Permainan Galaksi Cocok Dimainkan Anak SD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Permainan Galaksi Cocok Dimainkan Anak SD

Permainan Galaksi Cocok Dimainkan Anak SD

Written By Admin Raka on Jumat, 03 Agustus 2018 | 18.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Selain menyehatkan tubuh olahraga juga bisa melatih kebersamaan, membuat para pemainnya lebih bahagia atau senang dan mampu memupuk kekompakan dalam sebuah tim. Seperti dilakukan SDN Wadas IV, mereka menggelar permainan lama yang nyaris terlupakan yaitu Galah Santang atau biasa di sebut Galaksi. Permainan ini sengaja di mainkan untuk memperkenalkan kepada anak-anak zaman sekarang karena permainan itu hampir punah.

Seperti diutarakan Kepala sekolah SDN Wadas IV Hj.Yuyun Mulyawati Spd SD, melalui perwakilan gurunya yaitu Tatan Abdurozak.Spd.I Kamis (2/8). Ada berbagai jenis olahraga salah satunya permainan tradisional Galaksi. Permainan ini cocok dimainkan anak sekolah dasar karena membutuhkan daya kreatif tinggi agar permainan jadi menyenangkan. Anak–anak umumnya menyukai permainan yang tidak berat namun bisa melatih kekompakan, kelincahan dan daya kreatif mereka.

Tatan pun mengakui permainan itu hampir punah ditelan waktu. Tidak anak-anak sekarang tidak mengerti jenis permainan anak-anak jaman dulu yang memberikan pengetahuan dan kekompakan antar mereka. Permainan tradisional olahraga yang sangat penting, dan bermanfaat serta memiliki banyak keunggulan. "Semua permainan tradisional dimainkan dengan anak lain, berkelompok, minimal berpasangan. Hal ini memberikan efek sangat baik kepada anak yang sedang dalam masa pekembangan," ucap Tatan.

Anak-anak belajar berteman, belajar menerima kekalahan ketika kelompoknya kalah dalam bermain, belajar membela diri ketika dicurangi, belajar membangun kerjasama kelompok, belajar berempati ketika melihat ada anak yang jatuh atau terluka saat bermain, belajar berbicara dan bersosialisasi. Semua ini membantu membangun mental yang kuat, karakter kuat dan tangguh serta membangun kecerdasan emosional. Karenanya, sebut Tatan pun berharap permainan itu bisa tetap ada terpelihara dengan baik di SDN Wadas IV. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template