Perempuan Tidak Perlu Lagi Berdesakan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perempuan Tidak Perlu Lagi Berdesakan

Perempuan Tidak Perlu Lagi Berdesakan

Written By Admin Raka on Rabu, 01 Agustus 2018 | 11.00.00

KARAWANG, RAKA - Cuma selang sehari setelah dikritisi warga pemohon Kartu Keluarga yang merasa kasihan terhadap kaum perempuan yang ikut berdesak-desakan dalam antrean rebutan kuota Kartu Keluarga, kemarin (31/7) pagi, pemohon pembuatan dokumen kependudukan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sudah bisa antrean nomor pelayanan.

Melalui nomor antrean itu, pemohon perempuan tidak perlu lagi pepet-pepetan dengan pemohon lelaki untuk mendapatkan antrean dilayani.  "Alat antrean yang diminta kemarin baru ada dipelayanan pencatatan sipil hari ini, kita adakan juga di bidang kependudukan," ujar Sekretaris Disdukcatpil Jajat Kusnadi. Dikatakan Jajat, pengadaan alat antrean itu merupakan langkah pasti Disdukcatpil dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

Saat disinggung kenapa tidak diaktifkannya antrean pembuatan KTP dan Suket, dijelaskan Jajat, pihaknya saat ini masih melakukan kajian dengan para petugas disetiap kecamatan. "Pemohon suket itu selalu membeludak, solusi dari kita masyarakat khususnya yang jauh dari wilayah perkotaan cukup dengan melakukan pelayanan di kecamatan, selebihnya petugaslah yang melakukan pengajuan ke Disdukcatpil," ujarnya.

Dalam pembuatan suket Jajat menegaskan, untuk pelayanan di tingkat kecamatan sekalipun petugasnya cuma dua orang antrean tidak akan terjadi. "pelayanan tidak akan lama. Satu hari jadi, namun sampai sekarang belum ada kejelasan pastinya kapan akan dilaksanakan program tersebut. Apakah dimulai dari Agustus saya juga belum tahu, itu kepala dinas yang punya kebijakannya," terangnya.

Saat disinggung juga soal apakah program tersebut tidak akan membebani petugas dari kecamatan, Jajat mengatakan, program itu merupakan satu langkah pasti Disdukcatpil melakukan jemput bola melayani masyarakat. "Saat ini program itu untuk Suket, kita sudah sampaikan ke operator di kecamatan," ujarnya.

Jajat juga menambahkan antusias masyarakat Karawang sekarang ini sudah mulai tinggi tentang pentingnya dokumen kependudukan. "Kami menghimbau jika dalam melakukan kepengurusan dokumen diharapkan untuk tidak menggunakan jasa orang lain. Karena mengurus sendiri akan lebih cepat ketimbang orang lain yang mengurus. Selain itu, kami juga terus berinovasi dengan pelayanan yang cepat dan mudah," paparnya.

Pantauan Radar Karawang di gedung pelayanan kependudukan, pelayanan baru buka sekitar pukul 07.45 Wib masyarakat sudah berbondong-bondong masuk ke dalam ruangan pelayanan. Warga terlihat tertib antrean nomor pelayanan Kartu Keluarga dan Permasalahan NIK yang disediakan Disdukcapil melalui mesin nomor antrean.  Sementara untuk Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Keterangan belum dilengkapi mesin antrean. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template