Perbaikan Berkas Ditutup, Masih Ada 11 Ijazah Bacaleg Belum Dilegalisir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perbaikan Berkas Ditutup, Masih Ada 11 Ijazah Bacaleg Belum Dilegalisir

Perbaikan Berkas Ditutup, Masih Ada 11 Ijazah Bacaleg Belum Dilegalisir

Written By Admin Raka on Kamis, 02 Agustus 2018 | 11.00.00

PURWAKARTA, RAKA- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purwakarta mulai memverifikasi berkas syarat calon dari 638 bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Pemilu 2019 untuk DPRD Purwakarta hingga 7 Agustus mendatang.

Ketua KPU Purwakarta Ramlan Maulana mengatakan, dari 638 bacaleg yang sebelumnya telah didaftarkan, semua telah menyampaikan berkas perbaikan syarat calon. "Kemudian ditindak lanjut ke tahap penelitian administrasi dokumen perbaikan dari hari ini tanggal 1 hingga 7 Agustus 2018," ujar Ketua KPU Purwakarta, Rabu (1/8).

Menurut Ramlan, nantinya akan dapat diketahui secara pasti apakah bacaleg dinyatakan memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS) pasca penelitian dokumen perbaikan. "Sepekan kedepan, dokumennya kita teliti dan diverifikasi. Tahapan selanjutnya penetapan DCS pada 12 Agustus 2018," kata Ramlan.

Sebelumnya, batas waktu penyerahan berkas perbaikan syarat calon telah ditetapkan sampai dengan Selasa (31/7) pukul 24.00 WIB. Namun, dari sampling yang dilakukan Panwaslu Purwakarta. Masih ditemukan sedikitnya 11 ijazah bacaleg yang belum dilegalisir oleh instansi terkait. "Ada beberapa yang sudah dilegalisir tapi, sudah terlalu lama. Malah ada legalisir yang sudah berumur lima tahun. Ini harus segera dilegalisir ulang," ujar Ketua Panwaslu Purwakarta, Oyang ST.

Menurutnya, PKPU mengisyaratkan, ijazah bacaleg yang sudah terlegalisir intansi terkait menjadi salah satu syarat calon yang harus terpenuhi. "Dimohon hal ini bisa menjadi perhatian parpol, khususnya bacaleg terkait untuk segera memperbaiki kekurangan tersebut," katanya.

Pria yang akrab di sapa Binos itu mengatakan, agar menjadi perhatian, hal di atas juga menjadi salah satu poin rekomendasi yang disampaikan Panwaslu kepada KPU Purwakarta, berkaitan dengan syarat calon legislatif Pemilu 2019 untuk DPRD Purwakarta.(gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template