Penyakit Ispa Serang Warga Telukjambe Timur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penyakit Ispa Serang Warga Telukjambe Timur

Penyakit Ispa Serang Warga Telukjambe Timur

Written By Admin Raka on Kamis, 02 Agustus 2018 | 13.45.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) mendominasi penyakit yang menyerang warga Telukjambe Timur selama kemarau melanda daerah daerah itu sejak dua bulan terakhir. Sementara penyakit lain yang juga tak kalah banyaknya diderita adalah demam dan panas tinggi.

"Kasus ISPA dan diare dalam dua bulan terakhir ini terjadi lonjakan yang tinggi, khususnya di wilayah tugas Puskesmas Telukjambe Timur. Tingginya warga yang terserang dua penyakit ini disebabkan oleh debu dan mengkonsumsi air dingin," terang Ahmad, petugas Puskesmas Telukjambe Timur Kepada Radar Karawang, Rabu (1/8).

Menurutnya, walaupun ada peningkatan jumlah warga yang terserang ISPA dan demam tetapi tingkat kunjungan pasien ke puskesmas yang dipimpinnya tidak ada lonjakan yang signifikan. Selain itu, pasien Ispa dan demam juga diberikan obat yang cocok. Sedang yang parah akan diberikan rujukan untuk menjalani perawatan di rumah sakit.

Masih dikatakan Ahmad, Puskesmas Telukjambe Timur juga mengingatkan agar warga tidak menyepelekan penyakit ispa dan deman tinggi ini, karena jika telat perawatannya dan pengobatan bisa menyebabkan kematian. "Untuk antisipasi agar penyakit ini tidak menyerang warga harus menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga mengkonsumsi makanan bergizi serta meminum vitamin secukupnya," tambahnya.

Sementara, Camat Telukjambe Timur H. Asep Cece Juhandi saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya terus melakukan pemantauan khususnya di daerah-daerah rawan penyakit. Di daerah tersebut biasanya banyak warga yang terserang Ispa maupun demam, apalagi di musim kemarau ini, kondisi cuaca yang panas dan berdebu sehingga memudahkan orang terserang penyakit itu. "Kami juga mengimbau kepada warga agar secara rutin memeriksakan kesehatannya seperti ke puskesmas dan pelayanan kesehatan khususnya untuk warga yang tidak mampu sudah ada program kesehatan yang di rujuk oleh pemerintah atau sesuaikan dengan kemampuan ekonominya," katanya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template