Pendatang Diminta Lapor ke Pemerintahan Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pendatang Diminta Lapor ke Pemerintahan Desa

Pendatang Diminta Lapor ke Pemerintahan Desa

Written By Admin Raka on Kamis, 30 Agustus 2018 | 16.30.00

PURWASARI, RAKA - Arus urbanisasi terus bertambah di Karawang, salah satu kecamatan yang cukup ramai dikunjungi pendatang adalah Kecamatan Purwasari. Oleh karenanya perlu adanya antisipasi sejak dini sebelum terjadi berbagai persoalan kemasyarakatan seperi aksi kejahatan perkembangan jaringan teroris dan lain sebagainya.

Satuan Pramong Praja (Satpol PP) wilayah Kecamatan Purwasari berjanji aakan terus melakukan operasi Kartu Tanda Kependudukan (KTP) ke setiap kos-kosan yang ada di wilayah Purwasari.
Darim, salah satu anggota Satpol PP Kecamatan Purwasari mengaku, kegiatan tersebut sebenarnya sudah berjalan, terutama di wilayah perumahan termasuk kos-kosan. Selain mendata para penghuni kosan kata dia, juga bisa membantu aparat desa untuk kembali mendata sejumlah warganya. Karena jangan sampai dengan bertambahnya jumlah penduduk di wilayah Purwasari tidak tertib terkait administrasi kependudukannya. "Siapa saja yang tinggal seharusnya ada laporan ke pihak desa sendiri, kadang mereka main tinggal aja tanpa ada laporan," ungkapnya.

Bukan hanya itu, pihaknya juga mengaku sering melakukan penyisiran warga yang masih belum memiliki kartu identitas diri selama tinggal di Purwasari. Tidak hanya sendiri bahkan dirinya juga sering turun bekerjasama dengan pihak kepolisian dan aparat pemerintahan desa setempat. "Target kita pertama ke setiap kos-kosan yang ada di Purwasari," ucapnya.

Menurutnya, masalah utama kependudukan adalah pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali, karena akan banyak berbagai persoalan di tengah masyarakat. Oleh karenanya, ia meminta agar para pendatang juga sadar diri untuk melaporkan identitasnya termasuk pekerjaannya kepada pemerintah setempat. "Harus ada kesadaran dari diri masyarakatnya, selain adanya kepedulian dari pihak pemerintah," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template