Pemkab Kirim 35.000 Liter Air Bersih ke Desa Gurudug - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Kirim 35.000 Liter Air Bersih ke Desa Gurudug

Pemkab Kirim 35.000 Liter Air Bersih ke Desa Gurudug

Written By Admin Raka on Jumat, 03 Agustus 2018 | 19.13.00

PURWAKARTA, RAKA- Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengirimkan bantuan sejumlah mobil tangki berisi air bersih untuk meringankan beban masyarakat Kampung Citalaksana Girang, Desa Gurudug, Kecamatan Pondoksalam, yang mengalami krisis air bersih, sejak beberapa pekan lalu.

Penjabat Bupati Purwakarta Muhamad Taufiq Budi Santoso, mengatakan, pengiriman air ke wilayah Desa Gurudug, sudah dilakukan sebanyak dua kali yaitu Jumat (27/7) lalu dan Selasa (31/7). Hal itu dilakukan karena ada permintaan dari warga. "Sebanyak 33 kepala keluarga (KK) warga Kampung Cintalaksana Girang, Desa Gurudug telah dibantu air bersih dari PDAM. Kapasitas satu truk tangki 5.000 liter, sudah kita kirim 7 tangki sampai hari kemarin," ujarnya, Rabu (1/8).

Pemkab Purwakarta terus melakukan pemantauan terhadap kekurangan air baik untuk irigasi maupun air bersih. Untuk pertanian sebagian wilayah yang pertanian tadah hujan telah panen saat ini diarahkan ke tanaman palawija yang tidak membutuhkan air banyak. "Untuk masyarakat yang kekurangan air bersih, silahkan lapor kepada kami. Pemkab Purwakarta melalui PDAM siap membantu," katanya.

Sebelumnya, sejumlah wilayah di Kabupaten Purwakarta kerap kekeringan setiap musim kemarau tiba. Warga di Kecamatan Tegalwaru, Jatiluhur, Campaka, Cibatu, Babakancikao, Pondoksalam dan Kecamatan Purwakarta Kota diminta antisipasi kemungkinan terjadi krisis air bersih. Diprediksi musim kemarau tahun ini akan berlangsung hingga September.

Kepala Bidang Kedaruratan Rehabilitasi dan Rekontruksi, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangam Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Adang Sarip mengatakan, ada tujuh kecamatan di Kabupaten Purwakarta masuk kedalam kategori rawan krisis air bersih dimusim kemarau. "Tidak semua desa, namun ada beberapa desa di kecamatan tersebut rawan krisis air bersih saat musim kemarau," ujar Adang.

Seperti dirilis BMKG musim kemarau pada tahun ini akan berlangsung cukup lama. Terik matahari akhir-akhir ini cukup panas sehingga mengakibatkan kekeringan disejumlah titik. "Diprediksikan kemarau ini hingga bulan September, jika ada warga kesulitan air bersih kita siap untuk bantu," ujar Adang.(pwk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template