Pemkab Harus Kreatif Danai Pilkades - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Harus Kreatif Danai Pilkades

Pemkab Harus Kreatif Danai Pilkades

Written By Admin Raka on Kamis, 30 Agustus 2018 | 12.15.00

KARAWANG, RAKA - Keinginan Pemerintah Kabupaten Karawang mendanai pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 67 desa menggunakan dana APBD perubahan, disikapi sinis oleh anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Natala Sumedha.

Menurutnya, pemkab tidak boleh mendanai pilkades menggunakan anggaran program yang sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Natala menyarankan agar pemkab meningkatkan pendapatan asli daerah. Jika tidak mampu, lakukan efisiensi. "Kami dari Fraksi PDIP mendukung pilkades. Tapi kami tolak keras itu (dana pilkades dari RPJMD)," ungkapnya saat ditemui Radar Karawang di Gedung Paripurna DPRD Karawang, Rabu (29/8) kemarin.

Ia melanjutkan, pemkab masih punya waktu mencari dana untuk pilkades, sebelum dilaporkan ke Banggar. Kegiatan yang tidak menyentuh masyarakat seperti belanja rutinitas, anggarannya bisa dikurangi untuk membiayai pilkades. "Kita harus ada komitmen. Jangan kita mendukung pilkades, tapi mengorbankan masyarakat. Mereka bagian yang tidak terlepaskan, mereka penyumbang PAD juga, pilkades silahkan jalan," katanya.

Natala juga mengkritisi regulasi pilkades. Menurutnya, persoalan muncul karena dalam 6 tahun dibatasi tiga kali pilkades. Padahal seharusnya pilkades digelar bulan Oktober tahun 2019. Tapi karena ada kades yang habis masa jabatannya tahun 2018 dan pertengahan serta akhir 2019, ditambah desakan para kades agar pilkades digelar tahun ini, membuat pemkab memutar otak agar pilkades bisa dilakukan tanpa ada ekses. Diantaranya konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri. "Hasil konsultasinya, pilkades bisa dilakukan bulan November 2018. Padahal, pada akhir tahun 2017 kami sempat tanya pilkades mau diadakan tahun 2018 atau tidak. Jawabannya saat itu, tidak," ungkapnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template