Pemda Didesak Perkenalkan Batik Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemda Didesak Perkenalkan Batik Karawang

Pemda Didesak Perkenalkan Batik Karawang

Written By Admin Raka on Jumat, 24 Agustus 2018 | 19.00.00

KARAWANG, RAKA - Pemerintah Karawang diingatkan agar memsosialisasikan batik Karawang sehingga bisa seperti batik-batik dari daerah lain. Selama ini, jangankan dikenal di luar Karawang bahkan masyarakat Karawang sendiri belum tahu kalau kabupatennya memiliki batik.

Hal itu diungkapkan Pemerhati Batik Novia Windi Hastuti, beberapa waktu lalu, melalui artikelnya. Menurut dia, banyak cara bisa dilakukan untuk memperkenalkan batik Karawang, diantaranya dengan memanfaatkan media-media sosial. Sehingga masyarakat mengetahui keberadaan batik ini. "Jangankan orang luar kota Karawang masyarakat Karawang sendirinya pun masih belum ada yang mengetahui keberadaan batik khas daerahnya ini," ucap Novia.

Dikatakan Novia, batik bercorak pare sagedeng yang saat ini banyak digunakan benar-benar ditujukan sebagai simbol dari kota Karawang kota Lumbung padi. Corak pada batik ini hanya memiliki 2 paduan warna yang menghiasi corak batik Karawang ini, yaitu hitam dan kuning. Sebenarnya tidak hanya warna hitam dan kuning saja masih banyak warna lain yang digunakan. Namun saat ini banyak menggunakan paduan warna hitam dan kuning.

Paduan warna pada batik inilah, sebut Novia, yang medukung keunikan dari batik ini. Walaupun hanya 2 warna saja tetapi menjadikan ciri yang khas dari Batik Karawang ini. Hitam pada warna dasar dan kuning pada warna pare sagedeng atau corak padi yang menjadi perlambangan kota Karawang. Batik Tarawang ini memiliki berbagai filosofi-filosofi tersendiri pada motif batik ini. "Batik Karawang ini dulunya dikenal dengan nama batik Tarawang atau batik Tarum Karawang," ucap Novia.

Sebenarnya batik ini mempunyai hampir 30 motif namun yang terkenal hanya 4 yaitu motif panen raya, citarum, cigentis dan pare sagedeng yang sering atau yang paling banyak digunakan yang mewakili simbol kota Karawang yaitu Lumbung Padi. Dari informasi yang didapat tim Ukm Karawang, ada usaha yang sampai sekarang masih membuat batik ini.

"Seharusnya dari pihak pemerintah ada upaya untuk memperkenalkan batik ini kepada kalangan masyarakat Karawang. Agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui batik Karawang ini," ucap Novia. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template