Pembentukan Panitia BPD Cikampek Utara Tidak Transparan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pembentukan Panitia BPD Cikampek Utara Tidak Transparan

Pembentukan Panitia BPD Cikampek Utara Tidak Transparan

Written By Admin Raka on Kamis, 02 Agustus 2018 | 14.15.00

KOTABARU, RAKA - Pembentukan panitia pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cikampek Utara dinilai tidak transparan. Pasalnya pembentukan kepanitiaan dituding tidak melalui tahapan sesuai dengan peraturan bupati (Perbup) yang sudah ditetapkan.

"Dalam perbup dijelaskan bahwa panitia pembentukan BPD sebanyak 11 orang yang terdiri dari tiga orang perangkat desa, dan delapan orang tokoh masyarakat. sementara, panitia yang dibentuk ada 10 orang dari perangkat desa dan hanya 1 orang tokoh masyarakat," ujar Edi Tarmudi, kepada Radar Karawang.

Ia menyampaikan, panitia dibentuk hanya oleh kepala desa, sedangkan masyarakat tidak tahu, termasuk RT, RW dan para panitia yang sudah dibentuk juga tidak tahu jadi panitia. "Hari Senin saya kesana, saya tanya sama yang tercantum sebagai panitia. Mereka juga bilang nggak tahu ujug-ujug ada namanya," ujarnya.

Kemudian, Edi juga menyampaikan bahwa pembentukan BPD-nya tidak melalui musyawarah. "Pembentukan BPD-nya juga ditunjuk, nggak ada sosialisasi," tambahnya.

Masih disampaikan Edi, seharusnya diadakan sosialisai karena semua warga punya hak untuk menjadi panitia dan berhak mencalonkan BPD. Namun kenapa di Desa Cikampek Utara tidak ada. "saya bukan mempermasalahkan saya jadi atau tidaknya, melainkan ingin mengetahui ini bertentangan dengan perbup kenapa dibiarkan. Kalau memang tidak apa-apa kenapa harus dibuat perbup, udah aja gak usah ada aturan," ujarnya.

Edi mengaku sudah dua kali mendatangi kantor Camat Kotabaru untuk menanyakan hal tersebut. Namun saat ia kesana camat ataupun sekcam tidak ada di kantor. "Saya sudah 2 kali datang ke kantor camat namun camatnya tidak ada di kantor, sekcamnya juga tidak ada. Bahkan saya telepon juga nggak diangkat sama pak camat," pungkasnya.

Sementara, Umar, Kepala Desa Cikampek Utara mengatakan, sudah membentuk panitia pemilihan BPD dengan melibatkan tokoh masyarakat di masing-masing dusun. "Menurut saya kadus juga merupakan tokoh masyarakat makanya saya undang dan membentuk panitia BPD," ujar Umar melalui telepon seluler.

Menurutnya, tidak ada anggaran untuk panitia BPD, untuk itu ia tidak melibatkan banyak masyarakat. "Kalau gak ada honor, orang mana mau jadi panitia dan saya pikir dengan menjadikan kadus sebagai panitia juga tidak ada salahnya. Mereka juga kan tokoh masyarakat," katanya.

Mengenai pembentukan BPD, Umar mengaku sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sudah banyak masyarakat yang tahu bahwa ada pembentukan BPD baru. "Sebenarnya masyarakat juga sudah tahu, buktinya di masing-masing dusun juga sudah melakukan pembentukan melalui musyawarah dusun, tinggal Dusun Mekar Sari yang belum. Mungkin Pak Edi orang sibuk jadi beliau kurang mendengar informasi, kalau tahapan sudah kami lakukan," ungkapnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template