Pekerja Pendatang Diminta Lapor ke Disdukcapil - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pekerja Pendatang Diminta Lapor ke Disdukcapil

Pekerja Pendatang Diminta Lapor ke Disdukcapil

Written By Admin Raka on Jumat, 17 Agustus 2018 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengingatkan pekerja asal luar Karawang yang belum melaporkan data kependukannya supaya segera melaporkannya.

Kasi Pindah Datang Disdukcatpil Karawang Sumingan menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Rabu (15/8). Sumingan tidak menampik jika para pekerja itu sebagian pekerja kontrak dan sebagiannya memang sudah melapor ke disdukcuapi. "Orang luar datang ke Karawang itu tidak langsung menetap, dan hanya sebagian saja yang mengurus langsung ke catpil," tandas Sumingan di ruang kerja.

Dikatakan Sumingan, warga luar Karawang datang ke Karawang dengan berbagai alasan. Ada yang hanya bekerja dan ada yang menikahi warga Karawang. "Pendatang yang lapor kesini itu biasanya warga luar yang menikah dengan warga karawang, dan mengharuskan membuatkan surat dokumen kependudukan kesini," katanya.

Masih dikatakan Sumingan, tidak sedikit juga warga pendatang itu melakukan kepengurusan dokumen kependudukan dengan alasan bisa menjadi warga yang akan menetap di Karawang. Namun setelah kerja mereka berakhir kembali mengurus kepindahan. "Hal yang membuat angka jumlah datang dan pindah ke Karawang itu cukup banyak dikarenakan adanya fluktuasi pengajuan mendadak datang dan pindah," terangnya.

Disampaikan sumingan juga, banyaknya warga pendatang yang masuk ke Karawang itu akibat Karawang saat ini menjadi kota industri, dimana saat ini Karawang diibaratkan menjadi semacam gula. "Karawang saat ini seperti gula, banyak yang datang dan banyak yang pergi tanpa diketahui Disdukcatpil akibat tidak melaporkan dokumen kependudukannya saat datang," ujarnya.

Adapun untuk masyarakat yang datang lalu menikahi warga karawang, kata Sumingan itu banyak terjadi, sehingga warga Karawang melakukan kepengurusan dokumen saat akan meninggalkan Karawang. "Pendatang yang menikah dan akan tinggal di luar Karawang itu wajib untuk melapor, dan kita sering menghimbau seperti saat pelaksanaan yustisi," terangnya. (apk)

Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template