Pekerja Pemula Dominasi Pemohon Kartu Kuning - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pekerja Pemula Dominasi Pemohon Kartu Kuning

Pekerja Pemula Dominasi Pemohon Kartu Kuning

Written By Admin Raka on Senin, 20 Agustus 2018 | 19.15.00

KARAWANG, RAKA - Dua bulan terakhir pemohon kartu kuning mengalami peningkatan, selain pengajuan pembuatan kartu keluarga. Itu terjadi lantaran banyaknya pekerja pemula yang akan melamar pekerjaan di sejumlah perusahaan.

"selain kartu keluarga pembuatan kartu kuning pelamar kerja juga cukup banyak jumlahnya," ujar Kasi Pelayanan Kecamatan Karawang Barat H Oyok SH, belum lama ini. Bahkan Oyok menyebutkan jumlah mencapai hingga 288 dalam dua bulan ini. Sementara mayoritas pemohon kartu kuning rata-rata berasal dari kalangan pencari kerja pemula yang baru lulus sekolah.

Masih dikatakan Oyok, pembuatan kartu kuning pencari kerja yang semulanya berada di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sekarang ini sudah dialihkan ke kecamatan, meski sampai saat ini tidak memiliki kejelasan tentang pembinaan petugasnya. "Kami sempat kebingungan ketika alat yang digunakan tidak berjalan. Seperti komputer dan lainnya untuk pembuatan kartu kuning," sebut Oyok.

Sementara itu Operator perekaman Kecamatan Karawang Barat Memed menyampaikan, dengan adanya pelayanan yang dilakukannya masyarakat ke tingkat Kecamatan, sejauh ini tidak terjadi masalah, walaupun seringkali terjadi masalah di alat peekamannya yang suka eror akibat jaringan yang tidak stabil. "Permohonan perekaman suka ada dalam satu harinya bisa sampai 5 orang, di dua bulan ini baru masuk 99 orang," katanya.

Sementara, menyinggung wajib KTP pemula yang terus bertambah jumlahnya, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcatpil Karawang, Lilis Jayasutisna, mengatakan usia tujuh belas tahun bukan berarti menjadi acuan untuk bisa mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil). Tetapi ada tahapan yang harus dilalui termasuk kendala-kendala teknis pengadaannya KTP nya. "Penerima E-KTP pemula bukan berarti dia harus berusia 17, tetapi warga Indonesia khususnya Karawang yang memang baru pertama melakukan perekaman, dan untuk mendapatkannya ada tahapan proses pengadaannya," ujarnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template