Pegang Teguh Aturan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pegang Teguh Aturan

Pegang Teguh Aturan

Written By Admin Raka on Rabu, 29 Agustus 2018 | 13.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Badan Permusyawaratan Desa (Bamusdes) Desa Maracang, tetapkan kebijakan sesuai dengan aturan. Peraturan tersebut meliputi Peraturan Derah (Perda) Purwakarta, Permendagri, maupun Undang-undang Desa.

Ketua Bamusdes Maracang Irwanto mengatakan, terkait musyawarah desa dalam menentukam setiap kebijakan tiap bulan selalu ada. "Untuk menentukan kebijakan, di rapat minggon yang dilaksanakan sebulan dua kali. Setiap menentukan kebijakan ada musyawarah desa dulu, seperti pembuatan perdes perelek," terang dia, saat dikonfirmasi wartawan.

Dijelasnkannya, untuk sosialisasi kepada masyarakat pihaknya membacakan terkait apa saja yang menjadi kebijakan di rapat minggon bagaimana terkait teknisnya untuk pemungutan dan lainnya. "Untuk APBDes juga sama, pertama perbup dulu untuk alokasi dana dari kabupaten dan setelah itu perumusan perdes, kalau jadi draftnya kita sosialisasikan ke masyarakat di rapat minggon. Kita tunggu masukan dari masyarakat selama 2 Minggu, kalau diaturan 30 hari yang penting Bamusdes siap, RT-RW-nya menyepakati kita percepat," terang dia.

Ditanyakan terkait sumber penetapan kebijakan tersebut, Irwanto menjawab, dari Permendagri Nomor 29 tahun 2006 tentang pedoman pembentukan dan mekanisme penyusunan peraturan desa serta Permendagri Nomor 32 tahun 2006 tentang pedoman administrasi desa, serta perpu nomor 60 tahun 106 tentang dana desa yang bersumber dari APBN.

Sementara, salah seorang warga RW 15 RT 01, Ilham mengatakan, pihaknya mengapresiasi transparansi dari Desa Maracang dikarenakan selalu ada pelaporan terhadap masyarakat. "Selama ini selalu ada informasi terhadap masyarakat untuk setiap kegiatan dari desa. Semoga ini menjadi bukti untuk tidak adanya penyelewengan dana desa yang merugikan," pungkasnya. (ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template