Parah, Masih Ada Pungli Nikah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Parah, Masih Ada Pungli Nikah

Parah, Masih Ada Pungli Nikah

Written By Admin Raka on Jumat, 10 Agustus 2018 | 14.30.00

RENGASDENGKLOK, RAKA- Jika mau bersusah payah melengkapi administrasi atau persyaratan nikah sendiri, peserta nikah yang merasa terbebani dengan nominal uang yang pada umumnya dibandrol lebih dari Rp1 juta oleh amil kampung setempat, maka peserta nikah lebih baik datang langsung ke Kantor Urusan Agama (KUA) karena tidak ada pungutan sepeserpun.

Dikatakan Kepala KUA Rengasdengklok, Ade Badruzaman, persyaratan dan kelengkapan administrasi peserta nikah dapat dilakukan ke KUA langsung secara gratis tanpa menggunakan jasa amil. "Bisa gratis, tapi harus diurus sendiri langsung ke KUA. Artinya tanpa pake jasa amil," ujarnya melalui telepon seluler.

Bahkan, tambah Ade, ketika pasangan calon suami istri dapat melangsungkan pernikahan di KUA bisa gratis tanpa bayar. Adapun jika di luar kantor KUA atau bertepatan dengan tanggal merah, peserta nikah dibebankan dana sebesar Rp600 ribu. "Kalo mau nikah gratis silahkan di KUA," ucapnya.

Sementara salahsatu peserta nikah, atau calon pengantin yang enggan di sebutkan namanya, ia mengaku di pintai dana untuk kelengkapan pembuatan surat nikah oleh salahsatu amil di Kecamatan Purwasari sebesar Rp1,5 juta.  Tentu saja ia merasa keberatan, karena tertera di setiap kantor KUA, jika biaya pernikahan tersebut hanya Rp600 ribu. "Ko bedanya hampir 3 kali lipat," katanya.

Ketika ditanyai untuk keperluan apa saja, amil membeberkan peruntukan dana Rp1,5 juta tersebut. Pasalnya, jika Rp600 untuk biaya nikah. Sisanya, untuk orang desa atau petugas KUA-nya sendiri. Dan menurutnya lagi, hal tersebut sudah biasa terjadi. "Kadang-kadang orang desanya juga minta, bahkan orang KUA-nya sendiri minta lagi," akunya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template