Panitia Pilkades Kelimpungan Cari Anggaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panitia Pilkades Kelimpungan Cari Anggaran

Panitia Pilkades Kelimpungan Cari Anggaran

Written By Admin Raka on Kamis, 30 Agustus 2018 | 18.30.00

MAJALAYA, RAKA- Anggaran dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang yang belum turun, membuat Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2018 di 67 desa se-Kabupaten Karawang kelimpungan. Pasalnya, tahapan sudah berjalan sejak bulan Juli lalu.

Panitia Pilkades Bengle, Kecamatan Majalaya, Lassarus Samosir (42), mengatakan, tahapan pilkades saat ini sudah masuk pada penelitian kelengkapan persyaratan administrasi bakal calon kades dan klarifikasi. Menggingat Pilkades 2018 baru akan dianggarakan oleh Pemkab Karawang pada APBD Perubahan 2018 yang masih dalam tahap pembahasan bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Karawang. “Kami panitia bingung harus mencari dana talangan atau pinjaman dari mana, sementara tahapan terus berjalan,” ujar  Rabu (29/8).

Diteruskannya, Keputusan Bupati Karawang Nomor 141.1/Kep.482-Huk/2018 secara jelas mengatur tahapan dan jadwal pelaksanaan pilkades. Tahapan dan jadwal tersebut menjadi pedoman bagi panitia dalam pelaksanaan pilkades, sementara kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan tahapan dan jadwal tersebut justru belum tersedia. “Apalagi beredar kabar anggota dewan menolak menganggarkan dana untuk pilkades, jadi tambah bingung mau cari dana talangannya,” ucapnya.

Yang membuatnya lebih bingun, panitia pilkades juga dilarang untuk memungut dana kepada para calon kades. Sebab, seluruh anggaran pelaksanaan menjadi tanggung jawab Pemkab Karawang yang dialokasikan dalam APBD. “Aturannya memang tidak boleh memungut biaya kepada para calon kades, karena sudah dibiayai pemerintah. Tapi dari APBD sekarang belum ada, dari calon juga gak boleh memungut, jadi memang belum ada dananya,” katanya.

Saat ini, tambah Samosir, pihaknya mengunakan dana pribadi untuk operasional panitia. "Kami dari panitia Pilkades Bengle, berupaya mencari dana talangan untuk operasional," pungkasnya. (asy)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template