Orang Jompo Medalsari tak Dapat Balsem - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Orang Jompo Medalsari tak Dapat Balsem

Orang Jompo Medalsari tak Dapat Balsem

Written By Admin Raka on Jumat, 31 Agustus 2018 | 14.00.00

PANGKALAN, RAKA - Menyedihkan. Orang-orang jompo di Desa Medalsari tidak mendapatkan program Bantuan Langsung Sementara Miskin (balsem). Ini sekaligus bukti, kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang digulirkan pemerintah lewat balsem di Kecamatan Pangkalan tidak tepat sasaran.

Tokoh masyarakat Kampung Tegal Polri Desa Medalsari Acu (44) mengungkapkan berdasarkan catatannya sedikitnya lebih dari enam orang jompo yang belum merasakan manfaat kompensasi BBM itu. Jumlah itu menurut Acu tersebar di sejumlah kampung di Desa Medalsari. "Di wilayah kami saja ada enam orang jompo yang tidak mendapatkan balsem.  Sementara tidak sedikit juga yang bertubuh sehat malah mendapatkan bantuan program pengentasan kemiskinan ini," tandas Acu, Kamis (30/8).

Bahkan Acu dengan lancar menyebutkan nama-nama orang jompo yang tidak dapat balsem itu. Masing-masing Asnemi (66), Imo (72), Asni (62), Datem (60) dan Janin (67) serta Onahi (73). Karenanya Acu berharap agar para jompo tersebut juga ikut diperhatikan pemerintah. Minimal mereka mendapatkan beras.  "Orang-orang jompo itu hidupnya serba kekurangan. Mestinya mereka ini yang diperhatikan lebih dahulu oleh pemerintah," ucapnya.

Di tempat terpisah, Wahyu (34) warga Desa Medalsari lainnya mengungkapkan hal sama. Data yang dipergunakan saat ini kurang merepresentasikan kebutuhan warga penerima. Dirinya pun berharap kepada pihak yang mendata agar lebih lengkap dan akurat agar warga yang benar-benar butuh bisa mendapatkan haknya. Dirinya menyayangkan sampai saat ini belum ada pendataan ulang agar warga penerima tepat sasaran.

"Pihak desa pun sepertinya tidak tahu. Kenapa warganya yang seharusnya mendapatkan balsem kok tidak dapat karena mereka mengacu kepada yang sudah terdata. Untuk itu, alangkah baiknya bila dilakukan pendataan ulang agar warga yang benar-benar tidak mampu bisa dapatkan haknya sebagai penerima bantuan. Jangan orang sehat dan kuat malah yang mendapatkan bantuan," jelasnya.

Kades Medalsari Amin Sarifudin disinggung ada warga jomponya yang tidak dapat balsem cuma mengatakan dirinya tidak pernah mengutak-atik data penerima bantuan tersebut. Bahkan dirinya pun beranggapan data itu bukan dari pemerintah desa. Malah dia berharap adanya pengulangan pendataan lagi. "Saya juga berharap sama supaya dilakukan pendataan ulang. Mudah-mudahan kedepan ada pemutakhiran data, sehingga bisa didapatkan data valid dan jelas," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template