Optimis Produksi Gabah Tidak Terganggu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Optimis Produksi Gabah Tidak Terganggu

Optimis Produksi Gabah Tidak Terganggu

Written By Admin Raka on Kamis, 30 Agustus 2018 | 18.15.00

KARAWANG, RAKA- Pemerintah Karawang (Pemkab) optimis produksi gabah tidak terganggu dengan musim kemarau. Saat ini, pemkab menargetkan produksi gabah sebanyak 1,6 ton. Saat ini, produksi gabah setiap panen mencapai 6 hingga 7 ton gabah per hektarenya.

"Produksi gabah kita masih tinggi saat kemarau ini jadi kami optimis target produksi gabah 1,6 juta ton tahun ini akan tercapai. Musim kemarau ini memang membuat debit air di saluran irigasi menurun, tapi sudah kita atasi dengan pompanisasi. Kami terus melakukan pemantauan terhadap daerah yang rawan kekeringan untuk melakukan pompanisasi," kata Kepala Dinas Pertanian Karawang Hanafi.

Diteruskannya, akibat musim kemarau ini Dinas Pertanian terpaksa mengatur pembagian air dari irigasi untuk disalurkan ke sawah. Sistem buka tutup saluran irigasi diberlakukan secara bergiliran untuk menghemat air.  "Kami atur sedemikian agar air yang mengalir ke sawah tidak terlalu banyak, namun mencukupi."

Hanafi menambahkan, sebagian wilayah persawahan di beberapa kecamatan sudah melakukan panen. Hingga saat ini, tercatat ada empat kecamatan yang panen yaitu Kecamatan Karawang Barat, Karawang Timur, Telukjambe Timur, dan Telukjambe Barat. "Baru empat kecamatan dari 30 kecamatan yang ada. Kalau sudah semuanya panen kita optimistis terget kita akan tercapai," ujarnya. (asy)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template