NU Didorong Bentuk Koperasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » NU Didorong Bentuk Koperasi

NU Didorong Bentuk Koperasi

Written By Admin Raka on Minggu, 12 Agustus 2018 | 15.30.00

KARAWANG, RAKA- Pengurus Cabang Nadlatul Ulama (PCNU) Karawang didorong membentuk koperasi untuk membantu perekonomian masyarakat kecil. Hal ini diungkapkan oleh salah satu Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Eman Suryaman.

Eman mengatakan, ada tiga program besar yang telah dirumuskan oleh PBNU, diantaranya bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Ketiganya menjadi target pembangunan NU selama periode kepengurusan saat ini. "Program pendidikan, kesehatan dan ekonomi," katanya, saat peresmian Masjid Asshobari An-Nahdillyah, Desa Pinayungan, Kecamatan Telukjambe Timur, beberapa hari lalu.

Di bidang pendidikan, lanjut Eman, PBNU membangun sekolah tinggi ataupun Universitas Nahdlatul Ulama diberbagai daerah. Di bidang kesehatan, PBNU mendorong pembangunan rumah sakit ataupun klinik. "Termasuk di Karawang, kami akan membantu proses pembuatan klinik," ucapnya.

Sementara di bidang ekonomi, pihaknya akan menggulirkan bantuan bagi usaha kecil menengah (UKM) ataupun masyarakat kecil lainnya. Oleh karena itu, pihaknya mendorong PCNU Karawang untuk membuat koperasi. Nantinya, koperasi ini yang akan merealisasikan bantuan ini. "Sekarang untuk awal Rp 2 juta terlebih dahulu. Misal untuk pedagang bakso, warung-warung kecil. Nanti kalau ini berjalan dengan baik, jumlah bantuan bisa ditambah," ungkapnya.

Wakil Bupati Karawang, H Ahmad Zamakhsari, menyambut baik dengan rencana pembuatan koperasi ini. Menurutnya, koperasi seperti ini diperlukan untuk membantu memberantas praktik rentenir. "Cuma saya menyarankan, pinjamannya tidak ribet, tanpa syarat. Jangankan Rp 2 juta, Rp 500 ribu aja dulu, tapi tidak pakai jaminan pasti bakal laku. Karena, bank emok itu seperti itu," pungkasnya yang juga hadir dalam acara ini.

Dalam kegiatan ini, wakil bupati juga meresmikan Masjid Asshobari An-Nahdillyah di Perum Karawang Green Village (KGV) 2. Selanjutnya, pengelolaan masjid tersebut diserahkan kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Karawang. Selain Masjid Asshobari An-Nahdillyah, juga akan membuat masjid lagi di perumahannya yang lainya. Masjid tersebut akan diberi nama KH Hasan Bisri An-Nahdliyah. Almarhum KH Hasan Bisri merupakan mantan Ketua PCNU Karawang yang juga ayah dari Ketua PCNU Karawang saat ini KH Ahmad Ruhyat Hasbi dan Wakil Bupati Kabupaten Karawang. (asy)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template